Sosialisasi KTA AGPAII Digital DPW AGPAII Provinsi Gorontalo

Aula BPHU Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Guru Mulia Karena Karya

Workshop Inovasi Pembelajaran Guru SD Provinsi Gorontalo.

Training of Trainer PKB GPAI Tingkat Nasional

Tim Solid Pelatih Provinsi Gorontalo PKB GPAI, Hotel Horison Bandung, 8-15 Desember 2021.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Jumat, 25 September 2020

buku zipgrade

Zipgrade - Koreksi Tes tercepat

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah swt. karena atas hidayah dan pertolongan-Nya, Buku sederhana yang berjudul “Koreksi Hasil Tes Cepat, Akurat dan Efisien dengan Smartphone” dapat terselesaikan. Tersusunnya buku ini, tentunya penulis sudah berupaya untuk melakukan perbaikan, saran dan masukan diharapkan dapat lebih menyempurnakan buku sederhana ini.

Buku sederhana ini mencoba menjawab permasalahan tentang pelaksanaan koreksi hasil tes dan analisis hasil tes. Kemajuan teknologi smartphone dan keterbukaan diri merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam kegiatan pemindaian hasil tes. Pemanfaatan teknologi smartphone yang dapat melakukan pemindaian tes secara cepat, akurat dan efesien merupakan suatu keharusan. Salah satu aplikasi yang memudahkan dalam pemindaian adalah zipgrade.

Buku sederhana ini menuntun bagaimana cara menggunakan aplikasi zipgrade dalam pemindaian. Buku ini  diperuntukan bagi guru dan penyelenggara kegiatan tes yang membutuhkan koreksi secara cepat, hasil yang akurat dan efesien dalam penggunaan waktu.

Buku ini terdiri dari lima bab yang menjelaskan secara rinci tentang kegiatan penilaian, sekilas aplikasi penilaian, cara mendaftar dan membeli aplikasi, menu yang ada pada aplikasi zipgrade com dan menu zipgrade pada smartphone. Langkah-langkah sinkronisasi data dan teknik membuat lembar jawaban di bahas pada web zipgrade com yang ada pada bab IV. Teknik pembuatan kunci jawaban dan pemindaian merupakan bagian terpenting di bahas pada bab ke-V. Bagian terakhir pada bab ini membahas tentang analisis ketuntasan peserta tes dan analisis kualitas soal tes.

Pada akhirnya tugas-tugas dalam mengkoreksi hasil tes bukan merupakan pekerjaan yang melelahkan. Kegiatan analisis ketuntasan dan kualitas soal dengan mudah kita pahami dan ditindaklanjuti. Sehingga kita dapat menjadi penilai yang benar-benar valid dan reabel dengan cepat, akurat dan efesien.  Selamat mencoba, semoga dapat memberikan inspirasi untuk kegiatan penilaian. Semoga bermanfaat.

 

 

Gorontalo, 01 Januari 2018

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR         ............................................... 1

DAFTAR ISI                         ............................................... 3

 

BAB I

PENILAIAN PEMBELAJARAN   ................................... 6

A.  Kebijakan Tentang Penilaian ………………………... 6

B.  Sekilas Aplikasi    ………………………………………7

 

BAB II

DATA PENDUKUNG DAN

SINKRONISASI APLIKASI …………………………… 10

A.  Input Data Pendukung 5……...………………………  10

B.  Membuat File CSV …………………...………………  10

C.  Instal dan Penyesuaian Software ……………………  11

D.  Cara Pendaftaran dan Masuk Aplikasi …………….   12

E.  Cara Membeli Aplikasi ………………………………  15

 

BAB III

MENU ZIPGRADE PADA WEB SITE ……………….   18

A.      Tampilan Menu Utama ……………………………    18

B.       Quizzes.……………………………………………...    20

C.      Hasil Analisis Tes …………………………………..    22

D.      Classes ………………………………………………    22

E.       Students …………………………………………….    24

F.       Answer Sheets ………………………………………   25

G.      Pricing ………………………………………………    28

H.      More. ………………………………………………..    28

 

BAB IV

MENU ZIPGRADE PADA SMARTPHONE………….  31

A.      Tampilan Menu Utama …………………………….   31

B.       Quizzes ………………………………………………   31

C.      Edit Key  …………………………………………….   32

D.      Scan Paper ………………………………………….    33

E.       Review Paper ……………………………………….   34

F.       Item Analysis ……………………………………….    35

G.      Students …………………………………………….    36

H.      Clasess ………………………………………………    37

I.         Tags …………………………………………………    37

J.        Cloud ……………………………………………….     38

K.      Setting ………………………………………………    38

L.       Help and Tutorial ………………………………….    39

 

BAB V

SINKRONISASI DATA DAN

PEMBUATAN LEMBAR JAWABAN ……………….    40

A.      Impor File CSV Dan Simpan File ………………..     40

B.       Penyaringan Data Peserta Tes ……………………    42

C.      Syncronisasi Data………………………………….     45

D.      Teknik Pembuatan Lembar Jawaban……………     46

 

BAB VI

TEKNIK PEMINDAIAN

DAN PUBLIKASI HASIL TES ………………………     57

A.      Tahap Persiapan ………………………………….      57

B.       Menetukan Kuis/Tes/Soal ………………………..      57

C.      Teknik Membuat Kunci Jawaban ………………      59

D.      Teknik Pemindaian………………………………        61

E.       Hasil Pemindaian…………………………………       63

F.       Hasil Analisis Tes…………………………………       64

G.      Ekspor Data Hasil Pemindaian………………….       65

H.      Sinkronsasi Hasil Tes ……………………………       71

 

BAB VII

ANALISIS DATA HASIL TES ………………………      72

A.      Analisis Ketuntasan Peserta Tes ………………...      72

B.       Analisis Kualitas Soal Tes ……………………….       77

 

 

DAFTAR PUSTAKA …………………………………      79

BIOGRAFI PENULIS ………………………………..      80

LAMPIRAN …………………………………………..       82

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

A.      Kebijakan Tentang Penilaian

Dalam pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru bahwa yang dimaksud Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Salah satu tugas utama guru adalah menilai peserta didik. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik akan mampu menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran peserta didik. Fungsi formatif yakni mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penilaian juga memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif saat ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif saat ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).

Penilaian merupakan serangkaian proses kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistimatis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Hasil penilaian yang baik dapat memudahkan guru untuk menentukan perbaikan, pendalaman, dan pengayaan belajar. Selain itu juga hasil penilaian dapat digunakan untuk memperbaiki program, kegiatan dan pemilihan bahan ajar.

Pelaporan hasil penilaian penting dilakukan dengan adanya dukungan sarana komunikasi yang baik antara, peserta didik, guru dan orangtua serta pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu perlu sistem pelaporan yang akurat dan efesien. Secara sederhana ada beberapa langkah penilaian yang harus dilakukan yaitu:

a.         Tentukan hasil belajar yang akan dinilai

b.         Tentukan dan gunakan teknik penilaian

c.         Tentukan teknik Pemeriksaan hasil tes

d.         Analisis data hasil tes

e.         Kesimpulan hasil tes berupa ketuntasan dan kualitas soal

f.          pelaporan

 

 

B.       Sekilas Aplikasi

Perkembangan teknologi diera digital semakin hari bertambah maju dan semakin menglobal. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan perangkat teknologi yang semakin fleksibel. Penggunaan Handphone pada awalnya hanya memudahkan manusia untuk berkomunikasi secara mobile. Seiring dengan perkembangan teknologi handphone dapat dimanfaatkan untuk menyimpan lagu, memutar lagu, kamera hingga untuk kegiatan sosial media. Perkembangan terbaru dengan lounchingnya teknologi handphone pintar atau dikenala dengan smartphone. Smartphone dengan berbagai kemudahan penggunanya dalam menggunakan aplikasi yang ditawarkan melalui menu play store.

Bagi dunia pendidikan tentulah teknologi ini sangat membantu guru dalam melaksanakan tugasnya. Salah satu tugas guru adalah memberikan penilaian terhadap proses pembelajaran. Kegiatan penilaian ini dilakukan pada saat pree test, kegiatan selama proses pembelajaran, dan post test. Kegiatan penilaian yang waktunya ditentukan setelah mencapai kompetensi tertentu sepertinya penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester atau ulangan kenaikan kelas.

Bentuk penilaian dapat dilakukan dengan tes tertulis. Tes tertulis dapat dilakuan dengan bentuk soal pilihan ganda. Pelaksanaan koreksi pilihan ganda membutuhkan waktu yang sangat lama. Proses koreksi dilakukan dengan ketelitian dan kecermatan dalam pemindaian. Setelah koreksi selesai, ada kegiatan yang harus dilakukan yaitu analisis. Analisis dalam bentuk ketuntasan belajar peserta didik dan analisis kualitas soal yang diujikan.

Salah satu aplikasi yang mendukung tugas-tugas guru dalam penilaian dalam aplikasi smartphone adalah zipgrade. Zipgrade adalah aplikasi pemindaian yang memiliki tingkat gradasi sangat mudah saat menangkap, menyimpan, dan pelaporan dengan data yang berguna pada penilaian. Fitur yang ada pada aplikasi zipgrade membantu dalam mengoreksi hasil tes dengan mudah, akurat dan efesien.  Output hasil kegiatan pemindaian ini berupa analisis ketuntasan peserta tes dan analisis kualitas soal yang diujikan. Hal ini sangat membantu guru dalam mengambil tindakan selanjutnya tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Hasil analisis soal yang sudah diujikan memberikan gambaran tingkat kualitas soal yang digunakan dalam tes. Akhir kegiatan pemindaian merupakan pelaporan kepada peserta tes dan berbagai pemangku kepentingan untuk    menerima umpan balik langsung setelah mengerjakan soal tes dengan cepat dan akurat dengan memanfaatkan berbagai media yang ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 DATA PENDUKUNG DAN SINKRONISASI APLIKASI

 

A.      Input Data Pendukung

a.     Siapkan data siswa dalam bentuk MS Excel

b.    Buatlah format berdasarkan contoh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


c.         Salin sheet sesuai dengan jumlah kelas yang diampu.

d.         Ganti masing-masing sheet dengan nama kelas contoh: VI B, VI B, V A dan seterusnya

e.         simpan.

 

B.       Membuat File CSV

a.         Buka kembali file baru MS Excel.

b.         Coppy data pada sheet VIA, kemudian paste spesial values ke sheet yang baru.

c.         Simpan “Save AS” buat File Nama Kelas VI A, save at type “CSV (Comma Delimeted).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.         File ini yang akan digunakan untuk import ke aplikasi, karena ukuran byte nya yang sangat kecil sehingga memudahkan dalam unggah data.

 

C.      Instal dan Penyesuaian Software

Setelah mendapatkan aplikasi Zipgrade baik melalui sharing atau unduhan pada Play Store atau apps store di smartphone.

Langkah-langkah unduh dan pemasangan aplikasi zipgrade, yaitu:

a.         Handphone smartphone posisi aktif

b.        Pilih Play Store atau Apps Store

c.         Ketikkan Zipgrade pada kolom pencarian

d.        Tunggu beberapa saat sampai proses unduhan selesai

e.         Pasangkan aplikasi pada smartphoe

f.          Buka aplikasi zipgrade

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


D.      Cara Pendaftaran dan Masuk Aplikasi

a.         Buka aplikasi zipgrade

b.         Bagi yang belum melakukan pendaftaran dapat dilakukan dengan cara

1)             Pilih create new zipgrade user

2)             Memasukkan email yang aktif

3)             Ketikkan password

4)             Ketik kembali pada kolom confirm password

5)             Klik tombol register new user

Lihat contoh di bawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


c.         Bagi yang sudah melakukan pendaftaran atau memulai kegiatan pada aplikasi zipgrade dapat dilakukan dengan cara:

1)        Pilih login to zipgrade

2)        Memasukkan email yang aktif ketika mendaftar pada aplikasi zipgrade

3)        Ketikkan password

4)        Klik login

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.         Tampilan aplikasi zipgrade

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


e.         aplikasi zipgrade sudah bisa digunakan, tetapi fasilitas yang tersedia ini belum sempurna. Sebaiknya digunakan perpaduan antara data yang dibuat dengan komputer atau laptop. Data yang sudah dibuat pada komputer atau laptop dapat dilakukan dengan impor file.

 

Cacatan: aplikasi yang digunakan di atas memiliki keterbatasan karena aplikasi free. Masa berlaku waktu dalam penggunaan hanya 1 satu bulan. Aplikasi free ini hanya menyediakan 100 lembar pemindaian. Jenis lembar jawaban yang disediakan hanya 20 sheet, 50 sheet dan 100 sheet.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Jangan Galau User. Bagi user yang ingin bebas menggunakan aplikasi ini sampai 1 tahun dan penambahan fasilitas yang disediakan seperti: membuat lembar jawaban sendiri, analisis penilaian dan laporan hasil penilaian, user dapat membelinya.

 

E.       Cara Membeli Aplikasi

Aplikasi pemindaian zipgrade ini dapat dibeli dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.       klik menu cloud,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

b.      klik sync, akan muncul seperti tampilan di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


c.       Silahkan klik lanjutkan, maka akan tampil cara pembayaran

d.      Silahkan pilih opsi yang diinginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


e.       Cara yang paling mudah untuk pembelian aplikasi dengan tukar pulsa prabayar. Jika US$1= Rp. 15.000, maka Rp. 15.000 X 6, 22 = Rp. 93.300. Sediakan pulsa prabayar anda senilai Rp. 100.000.  agar masih ada saldo pulsa.

f.        Selanjutnya akan tampil nama user, masa pemakaian aplikasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB III

MENU ZIPGRADE PADA WEB SITE

 

A.   Tampilan Menu Utama

Tampilan menu pada web site zipgrade dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Ada dua macam tampilan menu. Menu zipgrade yang masih free hanya terdiri dari:  About us, Answer sheets, FAQ/Support dan Pricing. Menu zipgrade yang sudah dilakukan pembelian atau registrasi terdiri dari: Quizzes, Classes, Students, Taq, Answer sheets, princing dan more. Jika pengguna sudah teregistrasi ke dalam aplikasi zipgrade, maka setiap menu menampilkan user name dalam bentuk email pengguna di sudut kanan atas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Menu zipgrade yang ada pada website zipgrade.com terdiri dari: Quizzes, Classes, Students, Taq, Answer sheets, princing dan more.

 

 

 

 

B.  Quizzes

Quizzes merupakan menu yang disediakan untuk melihat hasil kuis, test yang sudah dilaksanakan. Pada menu ini dapat dilihat hasil analisis tes. Hasil analisis ini meliputi ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal yang dibuat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Menu quizzes terdiri dari kelas, nama tes, tanggal dan jumlah pertanyaan. Hasil tes dapat dilihat dengan cara klik pilihan pada quiz name. misalnya pada tes ujian PH Agama VI B maka akan terlihat tampilan detail tes dan statistik (quiz details and statistics), pembagian skor (score distribution), analisis butir soal (item analysis), dan laporan penilaian (graded paper).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.      Hasil Analisis Tes

Hasil analisis dapat dilihat dengan file pdf dan MS Excel. Caranya dengan mengklik export as pdf atau export as csv. Hasilnya akan nampak berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 


 Export as pdf memiliki tiga bentuk hasil laporan dalam bentuk satu halaman untuk setiap laporan, laporan rinci dan kunci jawaban. Secara lengkap dibahas pada Bab VI.

 

D.      Classes

Menu clasess merupakan menu yang menampilkan kelas yang mengikuti tes. Menu classes terdiri dari edit kelas, jumlah siswa yang sudah diinput, edit penyaringan siswa berdasarkan kelas, buku laporan penilaian, label laporan, arsip dan paket kertas jawaban. 

 

 

 

 

 

 

 

 


Contoh tampilan menu edit siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Contoh menu penyaringan data siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


contoh tampilan laporan penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


E.       Students

Menu students terdiri dari penambahan siswa baru, impor data siswa, ekspor data siswa dan hapus data siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


F.   Tag

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


G.      Answer Sheets

Menu answer sheets merupakan menu master lembar jawaban. Lembar jawaban secara standar dapat digunakan untuk 20 butir soal, 50 butir soal dan 100 butir soal. Lembar jawaban ini dapat di unduh dengan versi pdf dan versi png. Bagi yang telah register aplikasi zipgrade dapat membuat lembar jawaban sesuai dengan jumlah soal tes yang dikehendaki.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


contoh lembar jawaban yang sudah dapat digunakan dan tersedia di website zipgrade com yaitu 20, 50 dan 100 nomor lembar jawaban yang akan digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


H.      Pricing

Pricing merupakan besaran harga pembelian aplikasi zipgrade. Ada dua pilihan yaitu bebas dan berbayar. Keduanya tentunya ada beberapa manfaat yang berbeda. Pada aplikasi berbayar ada manfaat waktu yang sangat panjang yaitu selama satu tahun dan tanpa pembatasan kertas pemindaian. Lembar jawaban pada berbayar dapat dibuat sendiri sesuai dengan keinginan user. Pada analisis penilaian juga dapat dilihat hasil ketuntasan peserta tes dan analisis kualitas soal. Berikut tampilan berbedaan aplikasi zipgrade yang bebas dan berbayar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


I.     More.

Pada menu more merupakan menu lainnya yang mendukung operasional aplikasi zipgrade pada website. Menu ini terdiri dari:

 

1)    My Accout

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2)    FAQ/Support

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3)   About us

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4)   Princing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB IV

MENU ZIPGRADE PADA SMARTPHONE

 

A.      Tampilan Menu Utama

Menu zipgrade pada smartphone memiliki sedikit perbedaan dari menu yang ada pada laman website zipgrade. Menu pada smartphone terdiri dari quizzes, students, classes, tags, cloud, setting dan help & tutorial. Berikut tampilan menu zipgrade pada smartphone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


B.       Quizzes

Quizzes merupakan menu utama dalam pemindaian hasil tes menggunakan smartphone. Menu pada quizzes terdiri dari edit key, scan paper, preview paper dan analysis item.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.      Edit Key

Edit key merupakan cara untuk membuat Kunci jawaban yang merupakan langkah awal yang harus disiapkan dalam kegiatan pemindaian. Kunci jawaban dapat dibuat dengan dua cara yaitu dibuat langsung dan dibuat dengan cara pemindaian dari master kunci lembar kertas jawaban.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


D.      Scan Papers

Scan Paper merupakan cara pemindaian hasil peserta tes. Siapkan lembar jawaban peserta tes, kondisi cahaya di sekitar juga mempengaruhi kualitas hasil pemindaian. Diupayakan tidak berada di ruangan yang gelap. Atur lembar jawaban secara rapi, pisahkan yang sudah di pindai dan sementara pemindaian. Pemindaian usahakan tepat berada diatas kertas lembar jawaban. Upayakan tanda hitam pada setiap sudut terbaca dengan jelas. Setelah tanda lampu hijau mengenai empat tanda kotak yang ada pada kamera smartphone secara spontan langsung merekam/memindai dengan sedikit ada getaran. Upayakan jangan tergena goncangan saat kamera sedang merekam/memindai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Setelah terpilih akan hasil pemindaian pada setiap lembarnya, di kanan atas layar terdapat tombol tiga yang berisi pilihan:

a.     Change student, berfungsi untuk merubah peserta tes

b.    Edit answer, berfungsi untuk merubah jawaban peserta tes

c.    Delete paper, berfungsi untuk menghapus hasil pemindaian peserta tes

d.    Cancel, berfungsi untuk kembali ke menu sebelumnya

 

E.       Review Papers

Review papers untuk melihat hasil peserta tes dan nilai yang di peroleh. Setelah semua scaning/pemindaian dilakukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil pemindaian menampilkan nama tes, jumlah kertas yang dipindai, nama-nama peserta tes dan jumlah skor yang diperoleh dibagi dengan skor maksimal sehingga menampilkan nilai setiap peserta tes.

 

F.       Item analysis

Item analysis digunakan untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada peserta didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang memberikan tes untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk melihat ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh analisis pada aplikasi zipgrade yang ada di smartphone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil analisis terlihat prosentase jawaban (%) dan analisis butir soal Discriminant factor (DF)

Discriminant factor (DF) atau faktor diskriminan merupakan sebuah korelasi atau hubungan peserta tes yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes tersebut dalam menjawab tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan sebagai desimal antara -1 dan +1.

 

Faktor diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang berhasil menjawab pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif ( - ) menunjukkan pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban salah. Sehingga soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan yang memiliki lebih dari 0,2 atau lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki kategori baik.

 

G.      Students

Menu students pada smartphone terdiri dari menu pencarian siswa, mengurutkan siswa berdasarkan abjad nama, ID dan kelas. New student digunakan untuk menambahkan nama yang akan diinput susulan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


H.      Classes

Menu classes pada aplikasi zipgrade smartphone terdiri dari menu untuk menambahkan nama kelas yang baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


I.         Tags

Menu untuk membuat label pada kegiatan pemindaian tes peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


J.        Cloud

Menu cloud merupakan menu untuk melakukan sinkronisasi aplikasi zipgrade pada smartphone dan  zipgrade pada laman web.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


K.      Setting

Menu setting dilakukan untuk mengatur pemindaian.

a.     Meliputi pengaturan ekspor hasil pemindaian

b.    Pengaturan email

c.     Pengaturan kertas pada waktu pemindaian

d.    Waktu pemindaian

e.     Pengaturan kertas

f.      Pengaturan skor pada pemindaian

g.    Tampilkan jawaban benar

h.    Suara pemindaian

i.      Lampu detektor

j.      Fokus pengambilan gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


L.       Help & Tutorial

Menu bantuan dan tutorial dapat dilihat tampilan di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB V

SINKRONISASI DATA DAN PEMBUATAN

 LEMBAR JAWABAN

 

A.      Impor File CSV Dan Simpan File

Untuk mengimpor file CSV yang sudah dibuat pada MS Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

a.       Gunakan PC/ Notebook

b.      Aktifkan Web Browser (misalnya: google chrome, mozilla firefox, baidu browser)

c.       Ketik alamat web site (Zipgrade.com)

d.      Klik login

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


e.       Masukan/ ketik e-mail

f.        Masukan/ ketik password

g.      Centang pada kotak You agree to our Terms of  service and Privacy Policy.

h.      Klik Log In

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


i.        Klik Tab/ menu Students

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


j.        Klik Import Students From CSV

 

 

 

 

 

 

 

 

 


k.      Klik file (cari dan klik file yang akan dimasukan misalnya kelas VI A, Klik Open)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


l.        Klik Upload

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


m.    Pada Menu Select Field Mapping, Masukan data-data yang akan diinput sesuai dengan Field/ data yang ada, kemudian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


n.      Klik Finish Import

o.      Setelah selesai akan terlihat tampilan berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


B.       Penyaringan Data Peserta Tes

Menu penyaringan data peserta tes berdasarkan kelas dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


a.         Buka menu clasess, pada zipgrade web

b.         Pilih kelas

c.         Pilih edit student roster

d.         Pilih siswa/peserta tes yang akan ditambahkan pada kelas yang ditentukan atau dihilangkan dari kelas yang ditentukan

e.         Pilih simpan

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh penyaringan data siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.      Syncronisasi Data

Setelah proses upload selesai lakukan proses syncronice file. Buka aplikasi Zipgrade di smartphone, lalu pilih Main Menu pada zipgrade com lakukan Syncronisasi data dengan cara:

a.    Pilih Menu Clouds

b.    Pilih Sync All

c.    Back Menu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


D.      Teknik Pembuatan Lembar Jawaban

Cara membuat lembar jawaban.

Contoh 1. Membuat LJK untuk 25 nomor soal tes

a.     Klik custom answer sheet wizard

b.    Ketik pada kolom nama dengan jumlah nomor soal, lalu klil next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


c.    Pada tahap ke-2 ceklist kolom yang akan ditampilkan pada lembar jabawan. Ganti nama yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan ukuran tampilan pada kolom width diganti dengan ukuran kecil (small), sedang (medium) dan lebar (large). Lalu tekan tombol next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.    Pada tahap ke-3 setelah tampil sepeserti gambar di bawah ini. Jika akan menggunakan tampilan nomor peserta tes, maka ceklis pada kolom include student ID section. Untuk tampilan include key version section untuk menampilkan model kunci yang akan digunakan. Lalu tekan tombol next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


e.    Pada tahap ke-4, di sarankan untuk memilih add multiple-choice questions, pada tahap ini treview akan tampil seperti di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


f.     Pada tahap ke-5 pilih internal label dan jumlah nomor soal ujian yang akan digunanakan serta label pilihan yang digunakan. Jika kita menggunakan huruf besar maka yang tampil di lembar jawaban juga huruf besar begitu sebaliknya. Lalu tekan add question.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


g.    Pada tahap ini akan tampil seperti di bawah ini. Kemudian lihat tampil di sudut kanan bawah kemudian jang lupa di publish.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


h.    Tampilan preview lembar jawaban yang akan digunakan untuk tes seperti di bawh ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


i.      Setelah di publish, seperti tampilan di bawah ini. maka lembar jawaban yang dibuat tersimpan di web site zipgrade com. Ketika lembar jawaban ini akan digunakan sudah tersedia, tinggal download.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


j.      Tahap terakhir lembar jawaban yang sudah dibuat dapat terlihat tampilan seperti di bawah ini. Jika akan digunakan tinggal unduh, dan disimpan pada folder lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berikut cara membuat lembar jawaban.

Contoh 2 untuk 15 nomor soal ujian

a.       Klik custom answer sheets wizard pada icon answer sheets berada di bawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


b.      Pilih new answer sheets

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


c.       Ketik nama jumlah nomor lembar jababan test, misalnya 10 answer sheets, kemudian klik next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.      Beri tanda cheklist pada kolom enabled, yaitu name quiz, class. Pada kolom displayed label on answer sheet ketiklah dengan Nama Siswa, Nama Ulangan, Kelas. Untuk ukuran kolom pada lembar jawaban penulisan siswa, kuis dan kelas ada beberapa pilihan, large, small, medium.

e.       Pada kolom usage, other 1, 2 3 merupakan pilihan tambahan misalnya akan menambahkan hari dan tanggal, mata pelajaran dan semester. Kemudian klik next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


f.        Klik include student ID section jika akan menampilkan nomor peserta ujian. Klik include key version section. Ketiklah huruf ABCD sebagai bentuk pilihan pada lembar jawaban, lalu ketik kembali pada HURUF ABCD pada kolom berikutnya. Lalu klik tombol next.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


g.      Kemudian pilih add multiple choice question, lalu pilih internal label pada pilihan jawaban. Isikan nomor soal pada number of question. Ketik kembali ABCD sebagai option jawaban. Klik add question sampai dengan nomor jawaban yang diinginkan untuk tes.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Jika preview hasil sudah seperti gambar di bawah ini, jumlah nomor tes yang diiinginkan selesai. Selanjutnya yang terpenting adalah di publish

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasilnya lembar jawaban yang dibuat dapat dilihat pada menu publish answer sheets. Dengan demikian lembar jawaban ini dapat diunduh dan digunakan untuk kegiatan penilian pembelajaran, penilaian Harian, atau kegiatan ujian yang membutuhkan jumlah nomor tes tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB VI

TEKNIK PEMINDAIAN DAN PUBLIKASI

HASIL TES

 

A.      Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum pemindaian dilaksanakan yaitu:

a.         Bagikan lembar jawaban kepada peserta tes

b.         Isi data identitas tes dengan menggunakan pensil atau pulpen

c.         Kerjakan dengan cara menghitamkan bulatan pada salah satu pilihan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban.

d.         Setelah selesai kumpulkan dengan rapi

 

B.       Menetukan Kuis/Tes/Soal

Kegiatan pemindaian tes dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.         Setelah login ke aplikasi zipgrade pada smartphone pilihlah menu quizzes

b.         Pilihlah nama tes pada new quiz yang ada di sudut kanan atas. Ketiklah judul misalnya Penilaian Harian AGAMA 1 pada kolom quiz name

c.         Pilihlah lembar jawaban yang akan digunakan untuk tes, pada ikon select sheet.

d.         Tanggal tes sudah terisi secara otomatis

e.         Ketik nama kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


f.          Ketiklah nama kelas, lalu ok, kemudian tekan tombol oke pada menu quizzes. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawh ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.      Teknik Membuat Kunci Jawaban

Kunci jawaban merupakan langkah awal yang harus disiapkan dalam kegiatan pemindaian. Langkah yang harus dilalui utuk membuat jawaban tes dimulai dengan membuat kunci jawaban (edit key) sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kunci jawaban dapat dibuat dengan dua cara yaitu dibuat langsung dan dibuat dengan cara pemindaian dari master kunci lembar kertas jawaban. Langkah-langkah dalam membuat kunci jawaban secara langsung sebagai berikut:

a.         Tekan tombol edit key

b.         Buatlah kunci jawaban dengan menekan opsion pilihan yang ditentukan dengan menekan option pada setiap nomor soal

c.         Pada tampilan answer, tekan tombol pt, atur skor penilian yang diinginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.         Pilihlah nilai yang akan digunakan, misalnya setiap soal di beri skor 1,5 maka nilai yang akan diberikan setiap soal 1,5. Jika nilai yang di jawab salah ketik angka 0. Maka walaupun jawaban siswa salah tidak akan mengurangi nilai yang sudah dijawab.

e.         Simpan

 

Langkah-langkah dalam membuat kunci jawaban dengan cara pemindaian dari master kunci lembar kertas jawaban sebagai berikut:

a.         Buatlah kunci jawaban dengan cara melingkari lembar jawaban.

b.         Pindaialah lembar jawaban

c.         Tentunkan skor dan nilai yang akan digunakan

d.         Simpan

 

Catatan: Untuk teknik pembuatannya sama dengan pembuatan kunci secara langsung hanya perbedaan terletak pada kunci jawaban dibuat terlebih dahulu secara manual.

 

 

D.      Teknik Pemindaian

Pemindaian hasil peserta tes dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.     Tekan tombol scan paper pada menu quizzes

 

 

 

 

 

 

 

 

 


b.    Siapkan lembar jawaban peserta tes, kondisi cahaya di sekitar juga mempengaruhi kualitas hasil pemindaian. Diupayakan tidak berada di ruangan yang gelap. Atur lembar jawaban secara rapi, pisahkan yang sudah di pindai dan sementara pemindaian. Pemindaian usahakan tepat berada diatas kertas lembar jawaban.

c.    Upayakan tanda hitam pada setiap sudut terbaca dengan jelas. Setelah tanda lampu hijau mengenai empat tanda kotak yang ada pada kamera smartphone secara spontan langsung merekam/memindai dengan sedikit ada getaran. Upayakan jangan tergena goncangan saat kamera sedang merekam/memindai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Lakukan pemindaian sesuai dengan petunjuk di atas, secara berulang sampai semua peserta tes selesai dilakukan pemindaian.

 

Setelah terpilih akan hasil pemindaian pada setiap lembarnya, di kanan atas layar terdapat tombol tiga yang berisi pilihan:

a.         Change student, berfungsi untuk merubah peserta tes

b.         Edit answer, berfungsi untuk merubah jawaban peserta tes

c.         Delete paper, berfungsi untuk menghapus hasil pemindaian peserta tes

d.         Cancel, berfungsi untuk kembali ke menu sebelumnya

 

E.       Hasil Pemindaian

Setelah semua scaning/pemindaian dilakukan, tekan review papers untuk melihat hasil peserta tes dan nilai yang di peroleh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil pemindaian menampilkan nama tes, jumlah kertas yang dipindai, nama-nama peserta tes dan jumlah skor yang diperoleh dibagi dengan skor maksimal sehingga menampilkan nilai setiap peserta tes.

 

F.       Hasil Analisis Tes

Item analysis digunakan untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada peserta didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang memberikan tes untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk melihat ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh analisis pada aplikasi zipgrade yang ada di smartphone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil analisis terlihat prosentase jawaban (%) dan analisis butir soal Discriminant factor (DF).

Discriminant factor (DF) atau faktor diskriminan merupakan sebuah korelasi atau hubungan peserta tes yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes tersebut dalam menjawab tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan sebagai desimal antara -1 dan +1.

 

 

 

Faktor diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang berhasil menjawab pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif ( - ) menunjukkan pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban salah. Sehingga soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan yang memiliki lebih dari 0,2 atau lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki kategori baik.

 

 

G.      Ekspor Data Hasil Pemindaian

Analisis hasil pemindaian dapat diekspor dalam bentuk format pdf dan MS Excel type csv. Hasil ini dapat diketahui secara valid oleh peserta tes maupun berbagai pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kegiatan penilaian. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil kegiatan tes dapat langsung dibagi kepada pihak-pihak yang berkepentingan melalui media seperti: bluetooth, email, gmail, simpan di google drive, SHAREit, telegram, whatsapp, Yahoo Mail dan lainya.

 

Langkah-langkah dalam posting ke media menggunakan aplikasi smartphone antara lain:

a.     Buka aplikasi zipgrade pada smartphone

b.    Pilih menu quizzes

c.     Pilih file yang akan di share ke media

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


d.    Pilih tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


e.    Pilih eksport data, pilih model file yang akan di bagi pdf atau CSV.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


f.     Pilih media yang akan digunakan, misalnya Whats App.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


g.    Pilih group yang dibagi atau kepada peserta tes yang bersangkutan, misalnya group SDN 23 Dungingi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


h.    Buka nama group yang digunakan untuk sarana berbagi hasil kegiatan tes

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


i.      Berikut salah satu hasil peserta tes.

Menjelaskan secara detail hasil peserta dalam mengikuti tes yang terdiri dari nama peserta tes, nama tes, prosentase jawaban benar, kunci dan hasil jawaban serta skor yang diperoleh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Catatan:

Untuk ekspor hasil pemindaian dapat menggunakan file CSV. penggunaan media yang lain pada prinsipnya hampir sama. Tinggal media apa yang akan digunakan. Silahkan untuk mencoba dengan ekspor data dengan model file yang lain dan media yang lain untuk kegiatan sharing.

 

Untuk hasil terbaik, sebaiknya untuk melihat data analisis hasil penilaian gunakan Personal komputer atau laptop. Hal ini bisa kita analisis yang terbaik untuk digunakan sebagai bahan laporan penilaian.

 

H.      Sinkronsasi Hasil Tes

Setelah selesai lakukan sinkroninasi dengan langkah-langkah berikut:

a.    Aktifkan sambungan internet pada smartphone

b.    Buka menu cloud pada aplikasi zipgrade di smartphone

c.     Lakukan sinkronisasi deng menekan tombol syncing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB VI

ANALISIS DATA HASIL TES

 

A.      Analisis Ketuntasan Peserta Tes

Hasil analisis ketuntasan peserta tes dapat dilihat dengan file pdf dan MS Excel. Caranya dengan mengklik export as pdf atau export as csv. Hasilnya akan nampak berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Export as pdf memiliki tiga bentuk hasil laporan dalam bentuk satu halaman untuk setiap laporan, laporan rinci dan kunci jawaban.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

Export as CSV terdiri dari format lengkap, format standar, format lengkap, analisis soal dan label ringkasan siswa. Contoh hasil laporan lengkap di sertai respon jawaban siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Contoh laporan disertai analisis butir soal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan hasil tes peserta didik dapat dilihat secara detail dari menu grade paper dengan mengklik nama peserta didik maka akan menampilkan nama peserta tes, hasil penilaian, presentasi jawaban benar, kunci jawaban, jawaban peserta tes, skor setiap nomor soal, tanda koreksi, dan label.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


B.       ANALISIS KUALITAS SOAL TES

Item analysis digunakan untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada peserta didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang memberikan tes untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk melihat ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh analisis pada aplikasi zipgrade yang ada di smartphone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hasil analisis terlihat prosentase jawaban (%) dan analisis butir soal Discriminant factor (DF). Discriminant factor (DF) atau faktor diskriminan merupakan sebuah korelasi atau hubungan peserta tes yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes tersebut dalam menjawab tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan sebagai desimal antara -1 dan +1.

Faktor diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang berhasil menjawab pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif ( - ) menunjukkan pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban salah. Sehingga soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan yang memiliki lebih dari 0,2 atau lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki kategori baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ella Yulaewati. 2007, Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi, Jakarta: Pakar Raya

Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan.

Wahana Komputer, 2015. Kamus Lengkap Formula Excel 2007-2013, Jakarta: Elex Media Komputindo

https://www.zipgrade.com/l

http://nurusth3a.blogspot.co.id/2017/04/tutorial-aplikasi-penilaian-zipgrade.html

http://ainamulyana.blogspot.com/2017/11/cara-menggunakan-zipgrade-aplikasi.html

https://www.scribd.com/document/363811149/Tutorial-LJK-Zipgrade

https://goeroendeso.wordpress.com/2017/12/10/membuat-lembar-jawaban-answer-sheet-sesuai-dengan-kebutuhan-dalam-aplikasi-zipgrade/

 

 

 

 

BIOGRAFI PENULIS

 

Bambang Rianto, M.Pd.I. Pria kelahiran, Lampung Utara, 15 Mei 1975. Karir pendidik dimulai di MTs Nurul Iman Sekincau Lampung Barat pada Tahun 2002, tepatnya setelah menyelesaikan pendidikan Diploma Dua pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.  Awal 2007, hijrah ke Gorontalo dengan tempat pengabdian sebagai pendidik di SDN 08 Paguyaman Kab. Boalemo.  Tahun 2009, Pendidikan Strata satu di selesaikan pada Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pada tahun yang sama, terangkat sebagai PNS Guru pada SDN No. 23 Dungingi Kota Gorontalo tepatnya TMT 01 Januari 2009. Mata pelajaran yang diampu Pendidikan Agama Islam. Gelar Magister di peroleh pada Tahun 2015 setelah menyelesaikan pendidikan Pascasarjana pada Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Selain SDN No. 23 Dungingi, juga diperbantukan pada SDN No. 20 Dungingi untuk mengampu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.  

Selain sebagai pendidik, dipercayakan juga sebagai Asesor jenjang Sekolah Dasar pada Badan Akreditasi Provinsi Gorontalo (2014 - sekarang). Tugas tambahan juga dijabatnya yaitu Kepala Perpustakaan SDN No. 23 Dungingi (2009- Sekarang), Bendahara Pengelola Barang (2010- Sekarang) dan Pembina ekstrakurikuler keagamaan (2009- Sekarang). Ketua sekolah Adiwiyata pada tahun 2011-2013. Ketua Koordinator Pendidikan Keluarga dan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah (2016 – Sekarang). Ketua Sekolah Model SPMI Tahun 2017. Tahun 2017 lulus sebagai peserta visting teacher pada Direktorat PAI Kemenag RI yang ditugaskan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Kesibukan di Bidang Organisasi yaitu Sekretaris KKG PAI SD Kota Gorontalo selama tiga Periode (2010-2012, 2012-2015, 2015-2019). Ketua KKG PAI SD Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo (2009-sekarang). Sekretaris KKG Bermutu (2010-2014).

Diklat yang pernah diikuti berkaitan dengan Tupoksi meliputi: DDTK Lesson Study (Balai Diklat Keagamaan Manado, 2010), Diklat Substantif Penulisan Karya Ilmiah (Balai Diklat Keagamaan Manado, 2013), TOT Kurikulum 2013 (Bandung 2013), Penyusunan Media Pembelajaran berbasis ICT (Bandung, 2014), Diklat Penyusunan Bahan Ajar BerBasis ICT (UMG, 2015), Diklat Pembelajaran dan Penilaian K 13 (Kemenag RI, 2016), Diklat Pendidikan Keluarga (Kemendikbud, 2016), Diklat PKB Penguatan Pendidikan Karakter (Kemendikbud Jakarta, 2017) dan Diklat Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 (Kemenag RI, 2017).

Buku yang pernah ditulis antara lain: Kupas Tuntas USBN PAI SD (Gorontalo, 2016), Bahas Tuntas UASBN PAI SD (Gorontalo, 2017).

Alamat rumah Perum Altira Permai 1 Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, HP. 085298119937 Email. riantobambang@ymail.com.