Jumat, 25 September 2020
Zipgrade - Koreksi Tes tercepat
KATA PENGANTAR
Puji
syukur dipanjatkan ke hadirat Allah swt. karena atas hidayah dan pertolongan-Nya, Buku sederhana yang berjudul “Koreksi Hasil Tes Cepat, Akurat dan
Efisien dengan Smartphone” dapat terselesaikan. Tersusunnya buku ini, tentunya penulis sudah berupaya untuk melakukan
perbaikan, saran dan masukan diharapkan dapat lebih menyempurnakan buku
sederhana ini.
Buku
sederhana ini mencoba menjawab permasalahan tentang pelaksanaan koreksi hasil
tes dan analisis hasil tes. Kemajuan teknologi smartphone dan keterbukaan diri
merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam kegiatan pemindaian hasil tes. Pemanfaatan
teknologi smartphone yang dapat melakukan pemindaian tes secara cepat, akurat
dan efesien merupakan suatu keharusan. Salah satu aplikasi yang memudahkan
dalam pemindaian adalah zipgrade.
Buku
sederhana ini menuntun bagaimana cara menggunakan aplikasi zipgrade dalam
pemindaian. Buku ini diperuntukan bagi
guru dan penyelenggara kegiatan tes yang membutuhkan koreksi secara cepat,
hasil yang akurat dan efesien dalam penggunaan waktu.
Buku
ini terdiri dari lima bab yang menjelaskan secara rinci tentang kegiatan
penilaian, sekilas aplikasi penilaian, cara mendaftar dan membeli aplikasi,
menu yang ada pada aplikasi zipgrade com dan menu zipgrade pada smartphone. Langkah-langkah
sinkronisasi data dan teknik membuat lembar jawaban di bahas pada web zipgrade
com yang ada pada bab IV. Teknik pembuatan kunci jawaban dan pemindaian
merupakan bagian terpenting di bahas pada bab ke-V. Bagian terakhir pada bab ini membahas tentang analisis ketuntasan
peserta tes dan analisis kualitas soal tes.
Pada
akhirnya tugas-tugas dalam mengkoreksi hasil tes bukan merupakan pekerjaan yang
melelahkan. Kegiatan analisis ketuntasan dan kualitas soal dengan mudah kita
pahami dan ditindaklanjuti. Sehingga kita dapat menjadi penilai yang
benar-benar valid dan reabel dengan cepat, akurat dan efesien. Selamat mencoba, semoga dapat memberikan
inspirasi untuk kegiatan penilaian. Semoga
bermanfaat.
Gorontalo, 01 Januari 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................... 1
DAFTAR ISI ............................................... 3
BAB I
PENILAIAN
PEMBELAJARAN ................................... 6
A.
Kebijakan Tentang Penilaian ………………………... 6
B.
Sekilas Aplikasi ………………………………………7
BAB II
DATA PENDUKUNG DAN
SINKRONISASI APLIKASI …………………………… 10
A.
Input Data Pendukung 5……...……………………… 10
B.
Membuat File CSV …………………...……………… 10
C.
Instal dan Penyesuaian Software
…………………… 11
D.
Cara Pendaftaran dan Masuk Aplikasi ……………. 12
E.
Cara Membeli Aplikasi ……………………………… 15
BAB III
MENU ZIPGRADE
PADA WEB SITE ………………. 18
A.
Tampilan Menu Utama …………………………… 18
B.
Quizzes.……………………………………………... 20
C.
Hasil Analisis Tes ………………………………….. 22
D.
Classes ……………………………………………… 22
E.
Students ……………………………………………. 24
F.
Answer Sheets ……………………………………… 25
G.
Pricing ……………………………………………… 28
H.
More. ……………………………………………….. 28
BAB IV
MENU ZIPGRADE
PADA SMARTPHONE…………. 31
A.
Tampilan Menu Utama ……………………………. 31
B.
Quizzes ……………………………………………… 31
C.
Edit Key ……………………………………………. 32
D.
Scan Paper …………………………………………. 33
E.
Review Paper ………………………………………. 34
F.
Item Analysis ………………………………………. 35
G.
Students
……………………………………………. 36
H.
Clasess
……………………………………………… 37
I.
Tags
………………………………………………… 37
J.
Cloud
………………………………………………. 38
K.
Setting
……………………………………………… 38
L.
Help and Tutorial …………………………………. 39
BAB V
SINKRONISASI DATA DAN
PEMBUATAN LEMBAR JAWABAN ………………. 40
A.
Impor File CSV Dan Simpan File ……………….. 40
B.
Penyaringan Data Peserta Tes …………………… 42
C.
Syncronisasi Data…………………………………. 45
D.
Teknik Pembuatan Lembar Jawaban…………… 46
BAB VI
TEKNIK
PEMINDAIAN
DAN PUBLIKASI
HASIL TES ……………………… 57
A.
Tahap Persiapan …………………………………. 57
B.
Menetukan Kuis/Tes/Soal ……………………….. 57
C.
Teknik Membuat Kunci Jawaban ……………… 59
D.
Teknik Pemindaian……………………………… 61
E.
Hasil Pemindaian………………………………… 63
F.
Hasil Analisis Tes………………………………… 64
G.
Ekspor Data Hasil Pemindaian…………………. 65
H.
Sinkronsasi Hasil Tes …………………………… 71
BAB VII
ANALISIS DATA HASIL TES ……………………… 72
A. Analisis
Ketuntasan Peserta Tes ………………... 72
B. Analisis
Kualitas Soal Tes ………………………. 77
DAFTAR PUSTAKA ………………………………… 79
BIOGRAFI
PENULIS ……………………………….. 80
LAMPIRAN
………………………………………….. 82
BAB I
PENILAIAN PEMBELAJARAN
A.
Kebijakan Tentang Penilaian
Dalam
pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru bahwa yang dimaksud Guru
adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah.
Salah
satu tugas utama guru adalah menilai peserta didik. Penilaian yang dilakukan
oleh pendidik akan mampu menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur
dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan
capaian hasil pembelajaran peserta didik. Fungsi formatif yakni mendiagnosa
kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penilaian juga memberi
petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran,
mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat
dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran
yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif saat ini dikenal dengan
istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan
penilaian sebagai fungsi formatif saat ini lebih dikenal sebagai penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning).
Penilaian
merupakan serangkaian proses kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan
menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara
sistimatis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam
pengambilan keputusan. Hasil penilaian yang baik dapat memudahkan guru untuk
menentukan perbaikan, pendalaman, dan pengayaan belajar. Selain itu juga hasil
penilaian dapat digunakan untuk memperbaiki program, kegiatan dan pemilihan
bahan ajar.
Pelaporan
hasil penilaian penting dilakukan dengan adanya dukungan sarana komunikasi yang
baik antara, peserta didik, guru dan orangtua serta pemangku kepentingan
lainnya. Oleh karena itu perlu sistem pelaporan yang akurat dan efesien. Secara
sederhana ada beberapa langkah penilaian yang harus dilakukan yaitu:
a.
Tentukan
hasil belajar yang akan dinilai
b.
Tentukan
dan gunakan teknik penilaian
c.
Tentukan
teknik Pemeriksaan hasil tes
d.
Analisis
data hasil tes
e.
Kesimpulan
hasil tes berupa ketuntasan dan kualitas soal
f.
pelaporan
B.
Sekilas Aplikasi
Perkembangan
teknologi diera digital semakin hari bertambah maju dan semakin menglobal. Hal
ini dapat dilihat dari penggunaan perangkat teknologi yang semakin fleksibel.
Penggunaan Handphone pada awalnya hanya memudahkan manusia untuk berkomunikasi
secara mobile. Seiring dengan perkembangan teknologi handphone dapat
dimanfaatkan untuk menyimpan lagu, memutar lagu, kamera hingga untuk kegiatan
sosial media. Perkembangan terbaru dengan lounchingnya teknologi handphone
pintar atau dikenala dengan smartphone. Smartphone dengan berbagai kemudahan
penggunanya dalam menggunakan aplikasi yang ditawarkan melalui menu play store.
Bagi
dunia pendidikan tentulah teknologi ini sangat membantu guru dalam melaksanakan
tugasnya. Salah satu tugas guru adalah memberikan penilaian terhadap proses
pembelajaran. Kegiatan penilaian ini dilakukan pada saat pree test, kegiatan
selama proses pembelajaran, dan post test. Kegiatan penilaian yang waktunya
ditentukan setelah mencapai kompetensi tertentu sepertinya penilaian harian,
penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester atau ulangan kenaikan
kelas.
Bentuk
penilaian dapat dilakukan dengan tes tertulis. Tes tertulis dapat dilakuan
dengan bentuk soal pilihan ganda. Pelaksanaan koreksi
pilihan ganda membutuhkan waktu yang sangat lama. Proses koreksi dilakukan
dengan ketelitian dan kecermatan dalam pemindaian. Setelah koreksi selesai, ada
kegiatan yang harus dilakukan yaitu analisis. Analisis dalam bentuk ketuntasan
belajar peserta didik dan analisis kualitas soal yang diujikan.
Salah satu aplikasi yang mendukung tugas-tugas guru dalam penilaian
dalam aplikasi smartphone adalah zipgrade. Zipgrade adalah aplikasi pemindaian
yang memiliki tingkat gradasi sangat mudah saat menangkap, menyimpan, dan pelaporan
dengan data yang berguna pada penilaian. Fitur yang ada pada aplikasi zipgrade
membantu dalam mengoreksi hasil tes dengan mudah, akurat dan efesien. Output hasil kegiatan pemindaian ini berupa
analisis ketuntasan peserta tes dan analisis kualitas soal yang diujikan. Hal
ini sangat membantu guru dalam mengambil tindakan selanjutnya tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Hasil analisis soal yang sudah diujikan
memberikan gambaran tingkat kualitas soal yang digunakan dalam tes. Akhir
kegiatan pemindaian merupakan pelaporan kepada peserta tes dan berbagai
pemangku kepentingan untuk menerima
umpan balik langsung setelah mengerjakan soal tes dengan cepat dan akurat
dengan memanfaatkan berbagai media yang ada.
BAB II
DATA PENDUKUNG DAN SINKRONISASI APLIKASI
A.
Input Data Pendukung
a.
Siapkan
data siswa dalam bentuk MS Excel
b.
Buatlah
format berdasarkan contoh
c.
Salin
sheet sesuai dengan jumlah kelas yang diampu.
d.
Ganti
masing-masing sheet dengan nama kelas contoh: VI B, VI B, V A dan seterusnya
e.
simpan.
B.
Membuat File CSV
a.
Buka
kembali file baru MS Excel.
b.
Coppy
data pada sheet VIA, kemudian paste spesial values ke sheet yang
baru.
c.
Simpan
“Save AS” buat File Nama Kelas VI A, save at type “CSV (Comma
Delimeted).
d.
File
ini yang akan digunakan untuk import ke aplikasi, karena ukuran byte nya
yang sangat kecil sehingga memudahkan dalam unggah data.
C.
Instal dan Penyesuaian Software
Setelah mendapatkan aplikasi Zipgrade baik melalui sharing atau
unduhan pada Play Store atau apps store di smartphone.
Langkah-langkah unduh dan pemasangan aplikasi zipgrade, yaitu:
a.
Handphone
smartphone posisi aktif
b.
Pilih
Play Store atau Apps Store
c.
Ketikkan
Zipgrade pada kolom pencarian
d.
Tunggu
beberapa saat sampai proses unduhan selesai
e.
Pasangkan
aplikasi pada smartphoe
f.
Buka
aplikasi zipgrade
D.
Cara Pendaftaran dan Masuk Aplikasi
a.
Buka
aplikasi zipgrade
b.
Bagi
yang belum melakukan pendaftaran dapat dilakukan dengan cara
1)
Pilih
create new zipgrade user
2)
Memasukkan
email yang aktif
3)
Ketikkan
password
4)
Ketik
kembali pada kolom confirm password
5)
Klik
tombol register new user
Lihat contoh di
bawah.
c.
Bagi
yang sudah melakukan pendaftaran atau memulai kegiatan pada aplikasi zipgrade
dapat dilakukan dengan cara:
1)
Pilih
login to zipgrade
2)
Memasukkan
email yang aktif ketika mendaftar pada aplikasi zipgrade
3)
Ketikkan
password
4)
Klik
login
d.
Tampilan
aplikasi zipgrade
e.
aplikasi
zipgrade sudah bisa digunakan, tetapi fasilitas yang tersedia ini belum
sempurna. Sebaiknya digunakan perpaduan antara data yang dibuat dengan komputer
atau laptop. Data yang sudah dibuat pada komputer atau laptop dapat dilakukan
dengan impor file.
Cacatan: aplikasi yang digunakan di atas memiliki keterbatasan karena aplikasi
free. Masa berlaku waktu dalam penggunaan hanya 1 satu bulan. Aplikasi free ini
hanya menyediakan 100 lembar pemindaian. Jenis lembar jawaban yang disediakan
hanya 20 sheet, 50 sheet dan 100 sheet.
Jangan Galau
User. Bagi user yang ingin bebas menggunakan aplikasi ini sampai 1 tahun dan
penambahan fasilitas yang disediakan seperti: membuat lembar jawaban sendiri,
analisis penilaian dan laporan hasil penilaian, user dapat membelinya.
E.
Cara Membeli Aplikasi
Aplikasi pemindaian zipgrade ini dapat dibeli dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
klik
menu cloud,
b.
klik
sync, akan muncul seperti tampilan di bawah ini.
c.
Silahkan
klik lanjutkan, maka akan tampil cara pembayaran
d.
e.
Cara
yang paling mudah untuk pembelian aplikasi dengan tukar pulsa prabayar. Jika
US$1= Rp. 15.000, maka Rp. 15.000 X 6, 22 = Rp. 93.300. Sediakan pulsa prabayar
anda senilai Rp. 100.000. agar masih ada
saldo pulsa.
f.
Selanjutnya
akan tampil nama user, masa pemakaian aplikasi.
BAB III
MENU ZIPGRADE PADA WEB SITE
Tampilan menu pada web site zipgrade dapat dilihat pada gambar di
bawah ini. Ada dua macam tampilan menu. Menu zipgrade yang masih free hanya
terdiri dari: About us, Answer
sheets, FAQ/Support dan Pricing. Menu zipgrade yang sudah dilakukan
pembelian atau registrasi terdiri dari: Quizzes, Classes, Students, Taq,
Answer sheets, princing dan more. Jika pengguna sudah teregistrasi
ke dalam aplikasi zipgrade, maka setiap menu menampilkan user name dalam
bentuk email pengguna di sudut kanan atas.
Menu zipgrade yang ada pada website zipgrade.com terdiri
dari: Quizzes, Classes, Students, Taq, Answer
sheets, princing dan more.
B. Quizzes
Quizzes merupakan menu yang disediakan untuk melihat hasil kuis,
test yang sudah dilaksanakan. Pada menu ini dapat dilihat hasil analisis tes.
Hasil analisis ini meliputi ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal
yang dibuat.
Menu quizzes terdiri dari kelas, nama tes, tanggal dan jumlah
pertanyaan. Hasil tes dapat dilihat dengan cara klik pilihan pada quiz name.
misalnya pada tes ujian PH Agama VI B maka akan terlihat tampilan detail tes
dan statistik (quiz details and statistics), pembagian skor (score
distribution), analisis butir soal (item analysis), dan laporan
penilaian (graded paper).
C.
Hasil Analisis Tes
Hasil analisis dapat dilihat dengan file pdf dan MS Excel. Caranya
dengan mengklik export as pdf atau export as csv. Hasilnya akan nampak berikut
ini:
Export as pdf memiliki tiga
bentuk hasil laporan dalam bentuk satu halaman untuk setiap laporan, laporan
rinci dan kunci jawaban. Secara lengkap dibahas pada Bab VI.
D.
Classes
Menu clasess merupakan menu yang menampilkan kelas yang mengikuti
tes. Menu classes terdiri dari edit kelas, jumlah siswa yang sudah diinput,
edit penyaringan siswa berdasarkan kelas, buku laporan penilaian, label
laporan, arsip dan paket kertas jawaban.
Contoh tampilan menu edit siswa.
Contoh menu penyaringan data siswa
contoh tampilan laporan penilaian
E.
Students
Menu students terdiri dari penambahan siswa baru, impor data siswa,
ekspor data siswa dan hapus data siswa.
F.
Tag
G.
Answer Sheets
Menu answer sheets merupakan menu master lembar jawaban. Lembar
jawaban secara standar dapat digunakan untuk 20 butir soal, 50 butir soal dan
100 butir soal. Lembar jawaban ini dapat di unduh dengan versi pdf dan versi
png. Bagi yang telah register aplikasi zipgrade dapat membuat lembar jawaban
sesuai dengan jumlah soal tes yang dikehendaki.
contoh lembar jawaban yang sudah dapat digunakan dan tersedia di
website zipgrade com yaitu 20, 50 dan 100 nomor lembar jawaban yang akan
digunakan.
H.
Pricing
Pricing merupakan
besaran harga pembelian aplikasi zipgrade. Ada dua pilihan yaitu bebas dan
berbayar. Keduanya tentunya ada beberapa manfaat yang berbeda. Pada aplikasi
berbayar ada manfaat waktu yang sangat panjang yaitu selama satu tahun dan
tanpa pembatasan kertas pemindaian. Lembar jawaban pada berbayar dapat dibuat
sendiri sesuai dengan keinginan user. Pada analisis penilaian juga dapat
dilihat hasil ketuntasan peserta tes dan analisis kualitas soal. Berikut
tampilan berbedaan aplikasi zipgrade yang bebas dan berbayar
I.
More.
Pada menu more merupakan menu lainnya yang mendukung operasional aplikasi
zipgrade pada website. Menu ini terdiri dari:
1)
My Accout
2)
FAQ/Support
3)
4)
Princing
BAB IV
MENU ZIPGRADE PADA SMARTPHONE
Menu zipgrade pada smartphone memiliki sedikit perbedaan dari menu
yang ada pada laman website zipgrade. Menu pada smartphone terdiri dari quizzes,
students, classes, tags, cloud, setting dan help & tutorial.
Berikut tampilan menu zipgrade pada smartphone.
C.
Edit Key
Edit key merupakan cara untuk membuat Kunci jawaban yang merupakan langkah awal yang harus disiapkan dalam kegiatan
pemindaian. Kunci jawaban dapat dibuat dengan dua cara yaitu dibuat langsung
dan dibuat dengan cara pemindaian dari master kunci lembar kertas jawaban.
D.
Scan Papers
Setelah terpilih akan hasil pemindaian pada setiap lembarnya, di
kanan atas layar terdapat tombol tiga yang berisi pilihan:
a.
Change
student, berfungsi untuk merubah peserta tes
b.
Edit
answer, berfungsi untuk merubah jawaban peserta tes
c.
Delete
paper, berfungsi untuk menghapus hasil pemindaian peserta tes
d.
Cancel, berfungsi
untuk kembali ke menu sebelumnya
E.
Review Papers
Review papers untuk melihat hasil peserta tes dan nilai yang di peroleh. Setelah semua scaning/pemindaian dilakukan.
Hasil pemindaian menampilkan nama tes, jumlah
kertas yang dipindai, nama-nama peserta tes dan jumlah skor yang diperoleh dibagi dengan skor maksimal sehingga
menampilkan nilai setiap peserta tes.
F.
Item analysis
Item analysis digunakan
untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada peserta
didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang memberikan tes
untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk melihat ketuntasan
peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh analisis pada aplikasi
zipgrade yang ada di smartphone.
Hasil analisis terlihat prosentase
jawaban (%) dan analisis butir soal Discriminant factor (DF)
Discriminant factor (DF) atau faktor
diskriminan merupakan
sebuah korelasi atau hubungan
peserta tes yang dapat menjawab
pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes tersebut dalam menjawab
tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan sebagai desimal antara -1
dan +1.
Faktor diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang
berhasil menjawab pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif (
- ) menunjukkan pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban
salah. Sehingga soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan
yang memiliki lebih dari 0,2 atau
lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki kategori baik.
G.
Students
Menu students pada smartphone terdiri dari menu pencarian siswa,
mengurutkan siswa berdasarkan abjad nama, ID dan kelas. New student digunakan
untuk menambahkan nama yang akan diinput susulan.
H.
Classes
Menu classes pada aplikasi zipgrade smartphone terdiri dari menu
untuk menambahkan nama kelas yang baru.
I.
Tags
Menu untuk membuat label pada kegiatan pemindaian tes peserta
didik.
J.
Cloud
Menu cloud merupakan menu untuk melakukan
sinkronisasi aplikasi zipgrade pada smartphone dan zipgrade pada laman web.
K.
Setting
Menu setting dilakukan untuk mengatur pemindaian.
a.
Meliputi
pengaturan ekspor hasil pemindaian
b.
Pengaturan
email
c.
Pengaturan
kertas pada waktu pemindaian
d.
Waktu
pemindaian
e.
Pengaturan
kertas
f.
Pengaturan
skor pada pemindaian
g.
Tampilkan
jawaban benar
h.
Suara
pemindaian
i.
Lampu
detektor
j.
Fokus
pengambilan gambar
L.
Help & Tutorial
Menu bantuan dan tutorial dapat
dilihat tampilan di bawah ini
BAB V
SINKRONISASI DATA DAN PEMBUATAN
LEMBAR
JAWABAN
A.
Impor File CSV Dan Simpan File
Untuk mengimpor
file CSV yang sudah dibuat pada MS Excel, ikuti langkah-langkah berikut:
a.
Gunakan
PC/ Notebook
b.
Aktifkan
Web Browser (misalnya: google chrome, mozilla firefox, baidu browser)
c.
Ketik
alamat web site (Zipgrade.com)
d.
Klik
login
e.
Masukan/
ketik e-mail
f.
Masukan/
ketik password
g.
Centang
pada kotak You agree to our Terms
of service and Privacy
Policy.
h.
Klik
Log In
i.
Klik
Tab/ menu Students
j.
Klik
Import Students From CSV
k.
Klik
file (cari dan klik file yang akan dimasukan misalnya kelas VI A, Klik Open)
l.
Klik
Upload
m.
Pada
Menu Select Field Mapping, Masukan data-data yang akan diinput sesuai
dengan Field/ data yang ada, kemudian
n.
Klik
Finish Import
o.
Setelah selesai akan terlihat tampilan berikut
B.
Penyaringan Data Peserta Tes
Menu
penyaringan data peserta
tes berdasarkan kelas dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buka menu clasess, pada zipgrade web
b.
Pilih kelas
c.
Pilih edit student roster
d.
Pilih siswa/peserta tes yang akan ditambahkan
pada kelas yang ditentukan atau dihilangkan dari kelas yang ditentukan
e.
Pilih simpan
Contoh penyaringan data siswa
C.
Syncronisasi Data
Setelah proses upload selesai
lakukan proses syncronice file. Buka aplikasi Zipgrade di smartphone, lalu pilih
Main Menu pada zipgrade com lakukan Syncronisasi data dengan cara:
a.
Pilih
Menu Clouds
b.
Pilih
Sync All
c.
Back
Menu
D.
Teknik Pembuatan Lembar Jawaban
Cara membuat lembar jawaban.
Contoh 1. Membuat LJK untuk 25 nomor soal tes
a.
Klik
custom answer sheet wizard
b.
Ketik
pada kolom nama dengan jumlah nomor soal, lalu klil next.
c.
Pada
tahap ke-2 ceklist kolom yang akan ditampilkan pada lembar jabawan. Ganti nama
yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan ukuran tampilan pada kolom width
diganti dengan ukuran kecil (small), sedang (medium) dan lebar (large).
Lalu tekan tombol next.
d.
Pada
tahap ke-3 setelah tampil sepeserti gambar di bawah ini. Jika akan menggunakan
tampilan nomor peserta tes, maka ceklis pada kolom include student ID
section. Untuk tampilan include key version section untuk
menampilkan model kunci yang akan digunakan. Lalu tekan tombol next.
e.
Pada
tahap ke-4, di sarankan untuk memilih add multiple-choice questions,
pada tahap ini treview akan tampil seperti di bawah ini
f.
Pada tahap ke-5
pilih internal label dan jumlah nomor soal ujian yang akan digunanakan serta
label pilihan yang digunakan. Jika kita menggunakan huruf besar maka yang
tampil di lembar jawaban juga huruf besar begitu sebaliknya. Lalu tekan add
question.
g.
Pada
tahap ini akan tampil seperti di bawah ini. Kemudian lihat tampil di
sudut kanan bawah kemudian jang lupa di publish.
h.
Tampilan
preview lembar jawaban yang akan digunakan untuk tes seperti di bawh
ini.
i.
Setelah
di publish, seperti tampilan di bawah ini. maka lembar jawaban yang dibuat
tersimpan di web site zipgrade com. Ketika lembar jawaban ini akan digunakan
sudah tersedia, tinggal download.
j.
Tahap
terakhir lembar jawaban yang sudah dibuat dapat terlihat tampilan seperti di
bawah ini. Jika akan digunakan tinggal unduh, dan disimpan pada folder lainnya.
Berikut cara membuat lembar jawaban.
Contoh 2 untuk 15 nomor soal ujian
a.
Klik
custom answer sheets wizard pada icon answer sheets berada di bawah.
b.
Pilih
new answer sheets
c.
Ketik
nama jumlah nomor lembar jababan test, misalnya 10 answer sheets,
kemudian klik next.
d.
Beri
tanda cheklist pada kolom enabled, yaitu name quiz, class.
Pada kolom displayed label on answer sheet ketiklah dengan Nama Siswa,
Nama Ulangan, Kelas. Untuk ukuran kolom pada lembar jawaban penulisan siswa,
kuis dan kelas ada beberapa pilihan, large, small, medium.
e.
Pada
kolom usage, other 1, 2 3 merupakan pilihan tambahan misalnya akan
menambahkan hari dan tanggal, mata pelajaran dan semester. Kemudian klik next.
f.
Klik
include student ID section jika akan menampilkan nomor peserta ujian. Klik
include key version section. Ketiklah huruf ABCD sebagai bentuk pilihan
pada lembar jawaban, lalu ketik kembali pada HURUF ABCD pada kolom berikutnya.
Lalu klik tombol next.
g.
Kemudian
pilih add multiple choice question, lalu pilih internal label
pada pilihan jawaban. Isikan nomor soal pada number of question. Ketik
kembali ABCD sebagai option jawaban. Klik add question sampai dengan
nomor jawaban yang diinginkan untuk tes.
Jika preview
hasil sudah seperti gambar di bawah ini, jumlah nomor tes yang diiinginkan
selesai. Selanjutnya yang terpenting adalah di publish
Hasilnya lembar
jawaban yang dibuat dapat dilihat pada menu publish answer sheets. Dengan
demikian lembar jawaban ini dapat diunduh dan digunakan untuk kegiatan penilian
pembelajaran, penilaian Harian, atau kegiatan ujian yang membutuhkan jumlah
nomor tes tertentu.
BAB VI
TEKNIK PEMINDAIAN DAN PUBLIKASI
HASIL TES
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum pemindaian
dilaksanakan yaitu:
a.
Bagikan
lembar jawaban kepada peserta tes
b.
Isi
data identitas tes dengan menggunakan pensil atau pulpen
c.
Kerjakan
dengan cara menghitamkan bulatan pada salah satu pilihan jawaban yang paling
benar pada lembar jawaban.
d.
Setelah
selesai kumpulkan dengan rapi
B.
Menetukan Kuis/Tes/Soal
Kegiatan pemindaian tes dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
a.
Setelah
login ke aplikasi zipgrade pada smartphone pilihlah menu quizzes
b.
Pilihlah
nama tes pada new quiz yang ada di sudut kanan atas. Ketiklah judul misalnya
Penilaian Harian AGAMA 1 pada kolom quiz name
c.
Pilihlah
lembar jawaban yang akan digunakan untuk tes, pada ikon select sheet.
d.
Tanggal
tes sudah terisi secara otomatis
e.
Ketik
nama kelas
f.
Ketiklah
nama kelas, lalu ok, kemudian tekan tombol oke pada menu quizzes. Hasilnya akan
terlihat seperti gambar di bawh ini:
C.
Teknik Membuat Kunci Jawaban
Kunci jawaban merupakan langkah awal yang harus disiapkan dalam
kegiatan pemindaian. Langkah yang harus dilalui utuk membuat jawaban tes
dimulai dengan membuat kunci jawaban (edit key) sebagai berikut:
Kunci jawaban dapat dibuat dengan dua cara yaitu dibuat langsung
dan dibuat dengan cara pemindaian dari master kunci lembar kertas jawaban.
Langkah-langkah dalam membuat kunci jawaban secara langsung sebagai berikut:
a.
Tekan
tombol edit key
b.
Buatlah
kunci jawaban dengan menekan opsion pilihan yang ditentukan dengan menekan
option pada setiap nomor soal
c.
Pada
tampilan answer, tekan tombol pt, atur skor penilian yang diinginkan.
d.
Pilihlah
nilai yang akan digunakan, misalnya setiap soal di beri skor 1,5 maka nilai
yang akan diberikan setiap soal 1,5. Jika nilai yang di jawab salah ketik angka
0. Maka walaupun jawaban siswa salah tidak akan mengurangi nilai yang sudah
dijawab.
e.
Simpan
Langkah-langkah dalam membuat kunci jawaban dengan cara pemindaian
dari master kunci lembar kertas jawaban sebagai berikut:
a.
Buatlah
kunci jawaban dengan cara melingkari lembar jawaban.
b.
Pindaialah
lembar jawaban
c.
Tentunkan
skor dan nilai yang akan digunakan
d.
Simpan
Catatan: Untuk teknik pembuatannya sama dengan pembuatan kunci secara
langsung hanya perbedaan terletak pada kunci jawaban dibuat terlebih dahulu
secara manual.
D.
Teknik Pemindaian
Pemindaian hasil peserta tes dilakukan dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
a.
Tekan tombol scan paper pada menu quizzes
b.
Siapkan
lembar jawaban peserta tes, kondisi cahaya di sekitar juga mempengaruhi
kualitas hasil pemindaian. Diupayakan tidak berada di ruangan yang gelap. Atur
lembar jawaban secara rapi, pisahkan yang sudah di pindai dan sementara
pemindaian. Pemindaian usahakan tepat berada diatas kertas lembar jawaban.
c.
Upayakan
tanda hitam pada setiap sudut terbaca dengan jelas. Setelah tanda lampu hijau
mengenai empat tanda kotak yang ada pada kamera smartphone secara spontan
langsung merekam/memindai dengan sedikit ada getaran. Upayakan jangan tergena
goncangan saat kamera sedang merekam/memindai.
Lakukan pemindaian sesuai dengan petunjuk di atas, secara berulang sampai semua peserta tes selesai dilakukan pemindaian.
Setelah terpilih akan hasil pemindaian pada setiap lembarnya, di
kanan atas layar terdapat tombol tiga yang berisi pilihan:
a.
Change
student, berfungsi untuk merubah peserta tes
b.
Edit
answer, berfungsi untuk merubah jawaban peserta tes
c.
Delete
paper, berfungsi untuk menghapus hasil pemindaian peserta tes
d.
Cancel, berfungsi
untuk kembali ke menu sebelumnya
Setelah semua scaning/pemindaian dilakukan, tekan review papers
untuk melihat hasil peserta tes dan nilai yang di peroleh.
Hasil pemindaian menampilkan nama tes, jumlah
kertas yang dipindai, nama-nama peserta tes dan jumlah skor yang diperoleh dibagi
dengan skor maksimal sehingga menampilkan nilai setiap peserta tes.
F.
Hasil Analisis Tes
Item analysis digunakan
untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada peserta
didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang memberikan tes
untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk melihat ketuntasan
peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh analisis pada aplikasi
zipgrade yang ada di smartphone.
Hasil analisis terlihat prosentase jawaban (%) dan analisis butir
soal Discriminant factor (DF).
Discriminant factor (DF) atau faktor diskriminan merupakan sebuah korelasi atau hubungan peserta tes yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes
tersebut dalam menjawab tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan
sebagai desimal antara -1 dan +1.
Faktor diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang
berhasil menjawab pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif (
- ) menunjukkan pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban
salah. Sehingga soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan
yang memiliki lebih dari 0,2 atau lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki
kategori baik.
G.
Ekspor Data Hasil Pemindaian
Analisis hasil pemindaian dapat diekspor dalam bentuk format pdf
dan MS Excel type csv. Hasil ini dapat diketahui secara valid oleh peserta tes maupun berbagai pemangku kepentingan yang berkaitan dengan
kegiatan penilaian.
Hasil kegiatan tes dapat langsung dibagi kepada pihak-pihak yang
berkepentingan melalui media seperti: bluetooth, email, gmail, simpan di
google drive, SHAREit, telegram, whatsapp, Yahoo Mail dan lainya.
Langkah-langkah dalam posting ke media menggunakan aplikasi
smartphone antara lain:
a.
Buka
aplikasi zipgrade pada smartphone
b.
Pilih
menu quizzes
c.
Pilih
file yang akan di share ke media
d.
Pilih
tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas
e.
Pilih
eksport data, pilih model file yang akan di bagi pdf atau CSV.
f.
Pilih
media yang akan digunakan, misalnya Whats App.
g.
Pilih
group yang dibagi atau kepada peserta tes yang bersangkutan, misalnya group SDN 23 Dungingi
h.
Buka
nama group yang digunakan untuk sarana berbagi hasil kegiatan
tes
i. Berikut salah satu hasil peserta tes.
Menjelaskan secara detail hasil peserta dalam
mengikuti tes yang terdiri dari nama peserta tes, nama tes, prosentase jawaban
benar, kunci dan hasil jawaban serta skor yang diperoleh
Catatan:
Untuk ekspor hasil pemindaian dapat menggunakan file CSV.
penggunaan media yang lain pada prinsipnya hampir sama. Tinggal media apa yang
akan digunakan. Silahkan untuk mencoba dengan ekspor data dengan model file
yang lain dan media yang lain untuk kegiatan sharing.
Untuk hasil
terbaik, sebaiknya untuk melihat data analisis hasil penilaian gunakan Personal
komputer atau laptop. Hal ini bisa kita analisis yang terbaik untuk digunakan
sebagai bahan laporan penilaian.
H.
Sinkronsasi Hasil Tes
Setelah selesai
lakukan sinkroninasi dengan langkah-langkah berikut:
a.
Aktifkan
sambungan internet pada smartphone
b.
Buka
menu cloud pada aplikasi zipgrade di smartphone
c.
Lakukan
sinkronisasi deng menekan tombol syncing
BAB VI
ANALISIS DATA HASIL TES
A. Analisis
Ketuntasan Peserta Tes
Hasil analisis ketuntasan peserta tes dapat dilihat
dengan file pdf dan MS Excel. Caranya dengan mengklik export as pdf atau export
as csv. Hasilnya akan nampak berikut ini:
Export as pdf memiliki tiga bentuk hasil laporan dalam bentuk satu halaman
untuk setiap laporan, laporan rinci dan kunci jawaban.
Export as CSV terdiri dari format lengkap, format standar, format lengkap,
analisis soal dan label ringkasan siswa. Contoh hasil laporan lengkap di sertai
respon jawaban siswa.
Laporan hasil
tes peserta didik dapat dilihat secara detail dari menu grade paper
dengan mengklik nama peserta didik maka akan menampilkan nama peserta tes,
hasil penilaian, presentasi jawaban benar, kunci jawaban, jawaban peserta tes,
skor setiap nomor soal, tanda koreksi, dan label.
B. ANALISIS
KUALITAS SOAL TES
Item analysis
digunakan untuk melihat analisis dari setiap butir soal yang diujikan kepada
peserta didik. Hasil analisis ini sangat bermanfaat bagi guru atau yang
memberikan tes untuk melihat tingkat keberhasilan. Hasil analisis ini untuk
melihat ketuntasan peserta didik dan analisis kualitas soal. Berikut contoh
analisis pada aplikasi zipgrade yang ada di smartphone.
Hasil analisis
terlihat prosentase jawaban (%) dan analisis butir soal Discriminant factor
(DF). Discriminant factor (DF) atau faktor diskriminan merupakan
sebuah korelasi atau hubungan peserta tes yang dapat menjawab
pertanyaan dengan benar dan seberapa baik peserta tes tersebut dalam menjawab
tes secara keseluruhan. Faktor diskriminan dinyatakan sebagai desimal antara -1
dan +1.
Faktor
diskriminan positif (+) menunjukan bahwa peserta tes yang berhasil menjawab
pertanyaan pada keseluruhan tes. Faktor diskriminan negatif ( - ) menunjukkan
pertanyaan/ soal yang ditulis sangat buruk atau kunci jawaban salah. Sehingga
soal/tes tidak boleh digunakan. Secara umum tingkat signifikan yang memiliki
lebih dari 0,2 atau
lebih tinggi bahwa soal/tes tersebut memiliki kategori baik.
DAFTAR PUSTAKA
Ella Yulaewati. 2007, Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori
dan Aplikasi, Jakarta: Pakar Raya
Kemendikbud. 2016. Panduan
Penilaian untuk Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan.
Wahana Komputer, 2015. Kamus Lengkap Formula Excel 2007-2013, Jakarta: Elex Media Komputindo
http://nurusth3a.blogspot.co.id/2017/04/tutorial-aplikasi-penilaian-zipgrade.html
http://ainamulyana.blogspot.com/2017/11/cara-menggunakan-zipgrade-aplikasi.html
https://www.scribd.com/document/363811149/Tutorial-LJK-Zipgrade
https://goeroendeso.wordpress.com/2017/12/10/membuat-lembar-jawaban-answer-sheet-sesuai-dengan-kebutuhan-dalam-aplikasi-zipgrade/
BIOGRAFI PENULIS
Selain sebagai pendidik, dipercayakan juga sebagai Asesor jenjang
Sekolah Dasar pada Badan Akreditasi Provinsi Gorontalo (2014 - sekarang).
Tugas tambahan juga dijabatnya yaitu Kepala Perpustakaan SDN No. 23 Dungingi
(2009- Sekarang), Bendahara Pengelola Barang (2010- Sekarang) dan Pembina
ekstrakurikuler keagamaan (2009- Sekarang). Ketua sekolah Adiwiyata pada tahun
2011-2013. Ketua Koordinator Pendidikan Keluarga dan Penguatan Pendidikan
Karakter di sekolah (2016 – Sekarang). Ketua Sekolah Model SPMI Tahun 2017.
Tahun 2017 lulus sebagai peserta visting teacher pada Direktorat PAI Kemenag RI
yang ditugaskan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.
Kesibukan di Bidang Organisasi yaitu Sekretaris KKG PAI SD Kota
Gorontalo selama tiga Periode (2010-2012, 2012-2015, 2015-2019). Ketua KKG PAI
SD Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo (2009-sekarang). Sekretaris KKG Bermutu
(2010-2014).
Diklat yang pernah diikuti berkaitan dengan Tupoksi meliputi: DDTK
Lesson Study (Balai Diklat Keagamaan Manado, 2010), Diklat Substantif Penulisan
Karya Ilmiah (Balai Diklat Keagamaan Manado, 2013),
TOT Kurikulum 2013 (Bandung 2013), Penyusunan Media Pembelajaran berbasis ICT
(Bandung, 2014), Diklat Penyusunan Bahan Ajar BerBasis ICT (UMG, 2015), Diklat Pembelajaran
dan Penilaian K 13 (Kemenag RI, 2016), Diklat Pendidikan Keluarga (Kemendikbud,
2016), Diklat PKB Penguatan Pendidikan Karakter (Kemendikbud Jakarta, 2017) dan
Diklat Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 (Kemenag RI, 2017).
Buku yang pernah ditulis antara lain: Kupas Tuntas USBN PAI SD
(Gorontalo, 2016), Bahas Tuntas UASBN PAI SD (Gorontalo, 2017).
Alamat rumah Perum Altira Permai 1 Mongolato Kecamatan Telaga
Kabupaten Gorontalo, HP. 085298119937 Email. riantobambang@ymail.com.