Sosialisasi KTA AGPAII Digital DPW AGPAII Provinsi Gorontalo

Aula BPHU Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Guru Mulia Karena Karya

Workshop Inovasi Pembelajaran Guru SD Provinsi Gorontalo.

Training of Trainer PKB GPAI Tingkat Nasional

Tim Solid Pelatih Provinsi Gorontalo PKB GPAI, Hotel Horison Bandung, 8-15 Desember 2021.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Kamis, 28 Juli 2022

GURU PAI GORONTALO Dalam PPKB Guru PAI SD Angkatan 2 oleh Kemenag RI



Bandung. GPAI terlibat aktif dalam kegiatan PPKB Angkatan 2 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 27 - 29Juli 2022 di Hotel Grand Asrilia Kota Bandung Jawa Barat. 

Kegiatan diawali dengan dengan pemahaman guru tentang perubahan kurikulum Merdeka oleh Tim Pengembang PKKB yaitu Ahmad Hasim berkolaborasi dengan pelatih nasional Suhono. selanjutnya dilakukan kegiatan pembukaan kegiatan PPKB. Dalam pembukaan turut hadir Kasie PAI Kemenag Kota Bandung. Kegiatan dibuka oleh Kasubdit PAI pada SD/SDLB. Ilham selaku Kasubdit PAI pada SD/SDLB dalam arahkan sambutannya mengatakan"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari peserta selaku pelatih Provinsi dari PPKB angkatan 1 dan angkatan 2". Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan Capaian pembelajaran dalam setiap Fase untuk Mapel PAI SD.


Hari kedua kegiatan dilakukan dengan penguatan materi Moderasi Beragama oleh Guru Besar Universitas Gajah Mada. Prof. Ahmad Munjid. Diskusi dan tanya jawab merupakan pengembangan dari implementasi moderasi beragama dalam berbagai lini kehidupan. Implementasi Kurikulum Merdeka disampaikan oleh penanggungjawab mapel PAI pada Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Feisal Ghozaly dalam penyampaiannya tentang kronologi kebijakan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka ada dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran project sebagai penguatan profil pelajar Pancasila. 

Penguatan Materi selanjutnya adalah menganalisis Capaian Pembelajaran  dari BSKAP Nomor: 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah Umum pada Kurikulum Merdeka. Selanjutnya dilakukan breakdown menjadi CP untuk Mata Pelajaran PAI pada Sekolah Dasar yang meliputi 3 fase, yaitu fase A, Fase B dan fase C. Penetuan dalam penyusunan Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi lingkup materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Alur tujuan pembelajaran merupakan tujuan-tujuan peljaran yang telah disusun dan diurutkan secara logis dan sistematis. Pemetaan lingkup materi merupakan penjabaran yang sangat diperlukan sebagai bahan dasar dalam penyusunan Modul Ajar PAI.

Kegiatan malam dilanjutkan dengan pengarahan dari Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Dalam sambutannya bahwa  " setiap orang pendidik tentunya memiliki inteligensi yang berbeda-beda.  Paradigma baru pengetahuan pendidik melebihi dari anak didiknya melalui sumber yang sangat mudah didapat dengan berbagai macam media. oleh karena itu diperlukan pengembangan oleh para pendidik dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam melaksanakan pemimpin pembelajaran". 






INTEGRASI MODERASI BERAGAMA DALAM MAPEL PAI

JALAN MENUJU MODERASI ; Paanduan Moderasi Beragama bagi Guru

MODERASI BERAGAMA BERLANDASKAN NILAI-NILAI ISLAM

9 AKTIVITAS PELAJAR MODERAT

Jumat, 24 Juni 2022

BACKSOUND PEMBAKAR SEMANGAT

Sabtu, 18 Juni 2022

RAPAT KONSOLIDASI PENGURUS KKG PAI PROVINSI GORONTALO

 



Gorontalo _ Rapat konsolidasi kepengurusan KKG PAI SD Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan secara daring melalui tautan Google Meet. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Jui 2022 pukul 19.30 - 10.00. Rapat dihadiri oleh Pengurus Inti KKG yang mewakili dari 5 Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Gorontalo.

Agenda penting dalam rapat tersebut yaitu membahas seputar perkembangan kepengurusan KKG yang baru berdasarkan SK dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Rapat diawali dengan pembukaan oleh Solehan, selaku Wakil Ketua, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua KKG PAI Provinsi Gorontalo. Hartono Ismail dalam sambutannya Mengatakan "Pentingnya koordinasi kepengurusan dalam menghadapi pelantikan organisasi dan persiapan penyusunan Term of Reference (ToR) Bantuan Pemberdayaan KKG PAI".

Rapat dilanjutkan dengan Pemaparan dan diskusi tentang rencana pelantikan dan penyusunan RAB Bantuan Pemberdayaan KKG PAI.  Diskusi dipandu oleh Bambang Rianto, selaku Sekretaris Umum KKG PAI. Secara umum hasil diskusi berdasarkan masukan dari seluruh peserta rapat, disimpulkan bahwa kegiatan pelantikan direncanakan dilaksanakan pada pelaksanaan Bimtek. Kegiatan Bimtek difokuskan kepada Implementasi Kurikulum Merdeka dan Moderasi Beragama. Sebagai Nara sumber direncanakan dari unsur Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Widya Prada BPMP Gorontalo, Pengawas PAI. 

Peserta dalam kegiatan tersebut direncanakan berasal dari perwakilan GPAI yang ada di Provinsi Gorontalo dengan jumlah peserta maksimal 40 Peserta. Kegiatan Bimtek tersebut direncanakan selama 2 hari 

Rapat ditutup dengan melafalkan Hamdallah.


 Kontributor: Bambang Rianto, GPAI SDN 22 Dungingi Kota Gorontalo



Jumat, 17 Juni 2022

JURNAL - 3. WORKSHOP "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA"

 



Eljie Hotel Gorontalo - Kegiatan workshop hari ketiga yaitu Peran Guru penggerak. sebagai Nara sumber dalam penyampaian ini yaitu Jamila Baderan yang juga Pengajar Praktik Angkatan 5. dalam materinya yang ditekan bahwa guru harus, mandiri, Reflektif, kolaborasi, inovasi, Berpihak pada murid. Peran guru  diharapkan sebagai pemimpin pembelajaran, coaching bagi guru lain, pendorong kolaborasi, mewujudkan pemimpin murud dan penggerak komunitas. 

Pendidikan Stem dalam Pembelajaran Abad 21 merupakan materi lanjutan yang lebih menekankan pendekatannya kepada peserta didik. Stem merupakan singkatan dari Sience,Teknology, Engineering, Math.  Steam menjadi ide awal untuk memfasilitasi siswa dalam belajar secara bermakna. Steam merupakan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran abad 21. 

kegiatan selanjutnya membuat proyek dengan roket menggunakan balon. proses pembuatan projek dilakukan secara berkelompok. implementasi dari pembelajaran proyek ini mengukur sejauhmana roket dapat diluncurkan secara lurus. 

kegiatan di akhiri dengan foto bersama hasil projek pembuatan roket secara bersama antara nara sumber dan peserta workshop.

Nara sumber selanjutnya adalah zefrin Hasan, yang pada hari sebelumnya sudah menyarankan agar menginstal aplikasi editing video filmora. kegiatan dilanjutkan dengan finishing instal aplikasi filmora, pengambilan video pembelajaran, editing video dan publish.

Untuk kelompok Abu-abu dengan pemeran guru model Rosnawati adam dengan tema 4 pembelajaran 3 kelas 1. Sedangkan editing video digarap oleh Bambang Rianto yang juga sebagai alumni Sahabat Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbud  Tahun 2020.

Kontributor: Bambang Rianto Peserta Workshop Peningkatan Kompetensi Guru 2022














Kamis, 16 Juni 2022

JURNAL HARI KE-2 WORKSHOP "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA"




Eljie Hotel Gorontalo- Hari kedua , Pemateri kegiatan Workshop oleh Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Kota Gorontalo. Kegiatan pemberian materi kegiatan dilakukan secara panel oleh pelatih ahli Hamzah Hippy, Yolanda Patedan dan Rustam Anwar. Fungsi komunitas penggerak sebagai kegiatan awal dilakukan secara langsung oleh Hamzah Hippy





Nara sumber kedua, masih berkaitan dengan komunitas praktisi, yang diarahkan kepada hasil-hasil praktik baik sekolah penggerak. Rustam Anwar, yang juga Pelatuh Ahli Sekolah Penggerak menyampaiakan bahwa kegiatan-kegiatan sekolah penggerak yang melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran. pembelajaran projek merupakan pembelalajaran yang dilaksanakan secara bersama antar guru dalam memfasilitasi pembelajaran projek sebagai bagian dari penguatan profil pelajar pancasila.




Nara sumber ketiga, tentang implementasi Kurikulum Merdeka. Yolanda Pateda, sebagai Pelatih Ahli Sekolah Penggerak memaparkan panjang tentang bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. implementasi cara menganalisis capaian pembelajaran, implementasi pembelajaran paradigma baru, pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen pembelajaran.

Setelah break siang, Kegiatan dilanjutkan dengan teknik choacing. Hal ini disampaikan dalam menghadapi kegiatan wawancara pada seleksi tahap 2 Program Guru Penggerak Angkatan 7. Kegiatan dilanjutkan dengan penugasan pengisian LK tentang aksi nyata merencanakan pengembangan komunitas praktisi/belajar.

Kegiatan presentasi kelompok di wakili oleh kelompok Abu-Abu, sebegai presenter hasil penugasan kelompok ditunjuk Bambang Rianto, dari kelompok Abu-Abu dengan Judul " aksi nyata merencanakan pengembangan komunitas praktisi/belajar untuk Komunitas Guru PAI dengan Kegiatan Pembuatan Video Pembelajaran.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan dibuka aplikasi Flatform Merdeka Mengajar.

Kontributor: Bambang Rianto Peserta Workshop CPG Angkatan 7













WORKSHOP "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA"

 




Eljie Hotel GorontaloDalam rangka mendukung implementasi kurikulum merdeka Dinas Pendidikan Kota Gorontalo melaksanakan kegiatan Workshop Penigkatan Kompetensi Guru untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 15 - 17 Juni 2022 bertempat di Eljie Hotel kota Gorontalo. 

Kegiatan diawali dengan do'a yang dipimpin oleh Bambang Rianto yang merupakan kandidat Guru Penggerak Angkatan 7. 

Prakata dari Panitia dalam pengantarnya maksud dan tujuan kegiatan ini adalah  sebagai bekal bagi guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam rangka program implementasi kurikulum merdeka di sekolah. kegiatan ini diikuti oleh calon guru penggerak  dari sekolah dasar  yang ada di Kota Gorontalo sejumlah 30 Guru. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, yang diwakili oleh Meylan Wungguli selaku  sekretaris Dinas, menyampaikan "agar kegiatan workshop ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya, karena momen seperti ini hanya difokuskan kepada calon guru penggerak. Harapan selanjutnya jadilah guru yang mampu menjadi pemimpin pembelajaran dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah". 

Hari pertama, Pemateri awal yaitu Zefrin Hasan yang juga  Guru Pengajar Praktik angkatan 5. Materi yang menarik disampaikan dengan langsung praktik. Pembuatan Portofolio Digital merupakan materi yang sangat dibutuhkan oleh guru di era digitalisasi pendidikan.

kegiatan ini dilaksanakan selama 8 jam pembelajaran dengan praktik yang meliputi, cara membuat judul, membuat halaman, cara menyisipkan dan membuat tema. kegiatan dilanjutkan dengan cara publikasi. kegiatan ditutup dengan sesi presentasi dari setiap peserta hasil produk yang dibuat selama 1 hari kegiatan.

Di sela-sela kegiatan juga nara sumber membagikan apliaksi editing video Wondershare Filmora.

Kontributor Naskah. Bambang Rianto Calon Guru Penggerak Angakatn 7