Jumat, 14 Oktober 2022
Rabu, 12 Oktober 2022
KULIAH UMUM PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022
RINGKASAN MATERI KULIAH UMUM
PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN2022
Prof. Dr. Ir. Indiato indarjit,
Phd. MA
Perkembangan ilmu informatika akan
melahirkan berbagai teknologi baru yang akan mengubah ekosistem pendidikan dan
pembelajaran
Alam semesta kembali mejadi
sekolah yang holistik dan kontekstual
Interaksi dan komunkasi jarak jauh
semakin meyenangkan
Eksperimen dan eksplorasi ilmu
bersifat tidak terbatas
Dunia dapat dihadiri oleh siapa
saja tanpa adanya ruang batasan dan waktu
Belajar mencipta dapat dilakukan
sedini mungkin
Laboratorium hidup merupakan
tulang punggung pengembangan kompetensi
Sekolah virtual muncul dimana-mana
Bentuk dan sumber belajar akan
mengalami perubahan besar-besaran
Pendidik virtual berbasis
kecerdasan
Hairunisa, S.Pd.M.Pd
Peran Komunitas belajar
Implementasi kurikulum merdeka
Memfasilitasi belajar brersama
tentang iKM,
Memfasilitasi diskusi untuk
memecahkan masalah dan berbagi praktik seputar kurikulum merdeka
Memfasilitasi kolaborasi
pengembangan perangkat kurikulum merdeka
Memfasilitasi refleksi teman
sejawat
WIBOWO MUKTI.
(KOORDINATOR SUBSTANSI PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI)
BERKOLABORASI DAN TRANSFORMASI MENUMBUHKAN
EKOSISTEM DIGITAL
MENUJU MERDEKA MENGAJAR
Teknologi sebagai solusi dan akselerasi
Peningkatan kualitas pendidikan
Flatform Merdeka Mengajar
dibutuhkan karena:
Guru dapat Mengakses pelatihan
yang sama dengan kualitas yang sama
Guru dapat belajar sesuia dengan
kecepatan dan ketepatan masing-masing
Guru saling berpraktk baik dan saling
menginspirasi
Guru dapat mengasesperangkat ajar
dan langsung dapat digunakan
Guru dapat membuat
jaringan/komunitas
Dokumen yang selalu update
Solusi tepat guna menghadapi krisis
pendidikan
Menciptakan teknologi tepat guna
dan bekelanjutan
NINO BUDIANTO
Publik speaking
Kegiatan berbicara secara efektif
secara langsung dihadapan satu orang atau banyak orang
Publik speaking dibutuhkan karena:
1.
Orang yang sukses berawal dari a good speaker
2.
Tuntutan zaman dan teknologi
3.
Tuntutan profesi
4.
Persaingan
Publik speaking bagi guru agar:
Mudah menyampaikan materi secara efektif
Bisa menyampaikan pembelajaran yang menyenangkan
Bisa mengendalikan kelas
Menumbuhkan sikap leadership
Membuka peluang lebih besar untuk karir
Percaya diri tidak sama dengan berani tampil
Kunci publik speaking
Tampil menarik
Percaya diri dan berwibawa
Baju porposional
Menunjang kesehatan postur
Berpakaian bersih dan rapi
Wajah tidak berminyak wangi
Natural Body Gesture
Facial expresion
Eye contact
Move in purpose
Senin, 10 Oktober 2022
Jumat, 30 September 2022
PELATIH PROVINSI TERLIBAT DALAM REKRUTMEN PELATIH DAERAH PPKB GPAI
PELATIH PROVINSI TERLIBAT DALAM REKRUTMEN PELATIH DAERAH PPKB GPAI
Gorontalo, Rekrutmen Pelatih Daerah PPKB GPAI Tahun 2022 merupakan Program Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo melalui Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam melaksanakan Tahapan rekrutmen yang di mulai dari tanggal 01-23 September 2022.
Provinsi Gorontalo mendapatkan alokasi waktu pendafataran secara online dari tanggal 01 - 18 September 2022 melalui laman https://www.siagapendis.com. Tercatat jumlah pendaftar 124 yang terdiri padari Guru PAI SD, SMP, SMA/SMK dan Pengawas PAI pada sekolah umum. Rapat persiapan pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Kabid Papkis Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Pelatih Nasional, Unsur dari bidang Papkis, Pelatih Provinsi PPKB GPAI. Rapat persiapan ini membahas tentang hal teknis tentang kegiatan simulasi CBT, Pelaksanaan CBT dan pelaksanaan interview.
Senin, 19 September 2022, merupakan tahapan pelaksanaan ke-2 bagi calon pelatih adalah instal aplikasi exambrowser dan konfiguranya. Aplikasi ini sangat penting digunakan untuk pelaksanaan ujian online. Cetak kartu CBT dan kartu interview. Kartu CBT dan kartu interview menjelaskan tentang kapan waktu Ujian CBT dan interview, penamaan dalam zoom meeting, dan link zoom yang akan digunakan dalam simulasi, ujian CBT dan interview.
Tahapan ke-3 dilakukan dengan kegiatan simulasi ujian. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2022. Kegiatan simulasi memastikan semua calon pelatih dapat menegerjakan soal online dengan menggunakan aplikasi exambrowser. Kegiatan tersebut dipantau oleh Nazirwan selaku Pelatih Nasional Pedagogik 1. Kegiatan simulasi dilakukan secara daring dengan aplikasi zoom meeting yang dipandu langsung oleh Tim IT Bidang Papkis dan Pelatih Provinsi PPKB GPAI.
Kamis, 22 September 2022, merupakan hari ke-4 rangkaian pelaksanaan kegiatan seleksi Pelatih Daerah. Kegiatan diawali dengan memastikan calon peserta dapat mengerjakan soal secara online. Calon pelatih dapat memasuki breakroom meeting yang telah disediakan. Ada 8 room yang disediakan oleh Panitia yiatu: Pedagogik 1A, Pedagogik 1B, Pedagogik 2A, Pedagogik 2B, Pedagogik 3A, Pedaggik 3B, Profesional 1 dan Profesional 2. Tepat pukul 14.00 Wita Kegiatan Ujian secara daring dilakukan secara serentak selama 2 jam. Rincian jumlah peserta yang mengikuti ujian secara online yaitu:Pedagogik 1A: 23 Peserta, Pedagogik 1B: 28 Peserta, Pedagogik 2A: 10 Peserta, Pedagogik 2B: 9 Peserta, Pedagogik 3A: 9 Peserta, Pedaggik 3B 8 Peserta, Profesional 1; 16 Peserta dan Profesional 2: 6 Peserta.
Kegiatan tersebut di monitoring langsung oleh Tim Pengembang Direktorat PAI, Pelatih Nasional PPKB, Kabid Papkis Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo. Pengawasan ruang ujian dilakukan secara online melalui link zoom meeting oleh Pelatih Provinsi PPKB GPAI yaitu: Pedagogik 1A : Bambang Rianto, Pedagogik 1B; Fadlun Saleh, Pedagogik 2A: Alwina K. Harun, Pedagogik 2B: Ninawati Damopolii, Pedagogik 3A: Solehan, Pedaggik 3B: Rimawati Pulubuhu, Profesional 1: Sri Utami Bay dan Profesional 2: Yahya Anuli.
Jum'at, 23 September 2022, Kegiatan interview dimulai pukul 07.30 merupakan rangkaian kegiatan ke-5 dari rekrutmen pelatih daerah. Setelah Tim IT membagi 10 ruang interview, peserta langsung diarahkan ke ruang masing-masing sesuai dengan minat kepelatihan yang diambilnya. Jumlah peserta yang mengikuti hingga akhir waktu yang ditentukan sebagai berikut: Pedagogik 1A: 9 Peserta, Pedagogik 1B: 15 Peserta, Pedagogik 1C: 13 Peserta, Pedagogik 1D: 13 Peserta, Pedagogik 2A: 8 Peserta, Pedagogik 2B; 8 Peserta, Pedagogik 3A: 8 Peserta, Pedagogik 3B: 8 Peserta, Profesional 1: 16 Peserta dan Profesional 2: 6 Peserta.
Selasa, 20 September 2022
Rabu, 07 September 2022
Selasa, 16 Agustus 2022
Minggu, 07 Agustus 2022
Rabu, 03 Agustus 2022
Kamis, 28 Juli 2022
GURU PAI GORONTALO Dalam PPKB Guru PAI SD Angkatan 2 oleh Kemenag RI
Bandung. GPAI terlibat aktif dalam kegiatan PPKB Angkatan 2 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 27 - 29Juli 2022 di Hotel Grand Asrilia Kota Bandung Jawa Barat.
Kegiatan diawali dengan dengan pemahaman guru tentang perubahan kurikulum Merdeka oleh Tim Pengembang PKKB yaitu Ahmad Hasim berkolaborasi dengan pelatih nasional Suhono. selanjutnya dilakukan kegiatan pembukaan kegiatan PPKB. Dalam pembukaan turut hadir Kasie PAI Kemenag Kota Bandung. Kegiatan dibuka oleh Kasubdit PAI pada SD/SDLB. Ilham selaku Kasubdit PAI pada SD/SDLB dalam arahkan sambutannya mengatakan"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari peserta selaku pelatih Provinsi dari PPKB angkatan 1 dan angkatan 2". Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan Capaian pembelajaran dalam setiap Fase untuk Mapel PAI SD.
Hari kedua kegiatan dilakukan dengan penguatan materi Moderasi Beragama oleh Guru Besar Universitas Gajah Mada. Prof. Ahmad Munjid. Diskusi dan tanya jawab merupakan pengembangan dari implementasi moderasi beragama dalam berbagai lini kehidupan. Implementasi Kurikulum Merdeka disampaikan oleh penanggungjawab mapel PAI pada Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Feisal Ghozaly dalam penyampaiannya tentang kronologi kebijakan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka ada dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran project sebagai penguatan profil pelajar Pancasila.
Penguatan Materi selanjutnya adalah menganalisis Capaian Pembelajaran dari BSKAP Nomor: 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah Umum pada Kurikulum Merdeka. Selanjutnya dilakukan breakdown menjadi CP untuk Mata Pelajaran PAI pada Sekolah Dasar yang meliputi 3 fase, yaitu fase A, Fase B dan fase C. Penetuan dalam penyusunan Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi lingkup materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Alur tujuan pembelajaran merupakan tujuan-tujuan peljaran yang telah disusun dan diurutkan secara logis dan sistematis. Pemetaan lingkup materi merupakan penjabaran yang sangat diperlukan sebagai bahan dasar dalam penyusunan Modul Ajar PAI.
Kegiatan malam dilanjutkan dengan pengarahan dari Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Dalam sambutannya bahwa " setiap orang pendidik tentunya memiliki inteligensi yang berbeda-beda. Paradigma baru pengetahuan pendidik melebihi dari anak didiknya melalui sumber yang sangat mudah didapat dengan berbagai macam media. oleh karena itu diperlukan pengembangan oleh para pendidik dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam melaksanakan pemimpin pembelajaran".