PUISI
BELENGGU ASA
Karya: Bambang Rianto
Sudah berkali- kali
regulasi
yang mengatur tentang
edukasi
berkali juga kurikulum
telah berganti
hanya membelenggu mimpi
sejati
Tentang kompetensi yang ditentukan
Ketuntasan yang harus
dituntaskan
Gaya mengajar yang sama
asesmen yang sama
Belenggu asa mulai
bersuara
ini tidak adil, ini tidak
baik-baik saja
ini menyalahi kodratnya
siswa
ini membelenggu
kemerdekaanya
kembalilah kepada Sang
Fillsuf pendidikan
Ki Hajar Dewantara
yang telah membuka
belenggu peradaban
menuju pembelajaran yang
merdeka
saatnya sang pendidik
membuka belenggu asa
Tidakkah kau sadar
Tuhan telah
menciptakan manusia
dengan kodratnya
yang berbeda
Bukalah belenggu untuk
kemerdekaan
merdeka dalam mengajar
merdeka dalam belajar
merdeka dalam asesmennya
Kurikulum merdeka
regulasi pembuka belenggu
asa
menuju pendidikan yang
memerdekaan
merdeka bagi pendidik
merdeka bagi peserta didik
Pendidikan yang berpusat
pada murid
pendidikan yang sesuai
dengan kodratnya
kodrat alam dan kodrat
zaman
Pendidikan yang menuntun
bukan pendidikan yang
menuntut
kubuka belenggu ini
untuk menjadi guru sejati
guru yang memegang teguh
filsufnya
“Ing Ngarso Sung Tuladha”
“Ing Madyo Mangun Karsa”
“Tut Wuri Handayani”
Merdeka!
Tolong berikan komentar dengan menuliskan sebagai berikut:
BalasHapusDari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir bahwa merdeka belajar adalah .............., ternyata .................
Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................
Kebebasan berfikirbdan berekspresi, dimana peserta didik diberikan kebebasan belajar, berfikir sehingga pembelajaran berpusat pada peserta didik, langkah kecil saya adalah, menjadikan diri saya lebih aktif dalam melatih diri sehingga mampu mengaplikasikan pembelajaran berdeferensiasi
BalasHapusDari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir bahwa merdeka belajar adalah siswa dan guru melakukan pembelajaran secara bebas, ternyata merdeka dalam belajar yaitu pembelajaran dilaksankan sesuai dengan kodratnya yang dilaksanakan secara berbeda-beda baik dari sisi konten, proses dan produknya.
BalasHapusLangkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah saya akan melakukan pembelajaran secra diferensiasi
Ahmad Risandi Sabi- Guru PJOK SDN 44 Hulonthalangi
Merdeka belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi jadi bukan berarti siswa tidak perlu belajar
BalasHapusAwalnya saya berfikir bahwa peeubahan terhadap kurikulum akan meyulitkan gutu dan siswa dalam pembelajaran akan tetapi setelah menjalaninya ternyata dengan kurikulum merdeka kita bisa mengnali pola belajar anak yamg sesungguhnya dan beeusaha memberikan pelajaran sesuai pola atau karakter mereka. Dan itu sangat sesuai dengan sabda Rasulullah saw :“Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.
BalasHapusBegitulah kiranya, pengetahuan kian diperbaharui agar sistem yang terimplementasi dalam kurikulum tidak mengalami stagnasi kemandekan.