Sosialisasi KTA AGPAII Digital DPW AGPAII Provinsi Gorontalo

Aula BPHU Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Guru Mulia Karena Karya

Workshop Inovasi Pembelajaran Guru SD Provinsi Gorontalo.

Training of Trainer PKB GPAI Tingkat Nasional

Tim Solid Pelatih Provinsi Gorontalo PKB GPAI, Hotel Horison Bandung, 8-15 Desember 2021.

Pemateri pada kegiatan PPKB PAI Tingkat Provinsi Gorontalo

Hotel Grand Q Kota Gorontalo 8-10 Oktober 2021.

Rabu, 12 Januari 2022

Apa itu Kurikulum Prototipe? Ini Penjelasan Lengkapnya

 

Apa itu Kurikulum Prototipe? Ini Penjelasan Lengkapnya



Kurikulum prototipe merupakan kurikulum pilihan (opsi) yang dapat diterapkan satuan pendidikan mulai tahun ajaran (TA) 2022/2023. Kurikulum prototipe melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya (kurtilas).

Jika melihat dari kebijakan yang akan di ambil para pemangku kebijakan, nantinya sebelum kurikulum nasional dievaluasi tahun 2024, satuan pendidikan diberikan beberapa pilihan kurikulum untuk diterapkan di sekolah.

Kurikulum prototipe diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. kan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Kurikulum Paradigma Baru ini akan diberlakukan secara terbatas dan bertahap melalui program sekolah penggerak dan pada akhirnya akan diterapkan pada setiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Sebelum diterapkan pada setiap satuan pendidikan, mari kita mengenal 7 (tujuh) hal baru yang ada dalam Kurikulum Paradigma Baru.

Pertama, Struktur Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila (PPP) menjadi acuan dalam pengembangan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, atau Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Prinsip Pembelajaran, dan Asesmen Pembelajaran.

Secara umum Struktur Kurikulum Paradigma Baru terdiri dari kegiatan intrakurikuler berupa pembelajaran tatap muka bersama guru dan kegiatan proyek.

Selain itu, setiap sekolah juga diberikan keleluasaan untuk mengembangkan program kerja tambahan yang dapat mengembangkan kompetensi peserta didiknya dan program tersebut dapat disesuaikan dengan visi misi dan sumber daya yang tersedia di sekolah tersebut.

Kedua, Hal yang menarik dari Kurikulum Paradigma Baru yaitu jika pada KTSP 2013 kita mengenal istilah KI dan KD yaitu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran, maka pada Kurikulum Paradigma Baru kita akan berkenalan dengan istilah baru yaitu Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan rangkaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh.

Oleh karena itu, setiap asesmen pembelajaran yang akan dikembangkan oleh guru haruslah mengacu pada capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Ketiga, Pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan tematik yang selama ini hanya dilakukan pada jenjang SD saja, pada kurikulum baru diperbolehkan untuk dilakukan pada jenjang pendidikan lainnya.

Dengan demikian pada jenjang SD kelas IV, V, dan VI tidak harus menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran, atau dengan kata lain sekolah dapat menyelenggarakan pembelajaran berbasis mata pelajaran.


Keempat, Jika dilihat dari jumlah jam pelajaran, Kurikulum Paradigma Baru tidak menetapkan jumlah jam pelajaran perminggu seperti yang selama ini berlaku pada KTSP 2013, akan tetapi jumlah jam pelajaran pada Kurikulum Paradigma Baru ditetapkan pertahun.

Sehingga setiap sekolah memiliki kemudahan untuk mengatur pelaksanaan kegiatan pembelajarannya.

Suatu mata pelajaran bisa saja tidak diajarkan pada semester ganjil namun akan diajarkan pada semester genap atau dapat juga sebaliknya, misalnya mata pelajaran IPA di kelas VIII hanya diajarkan pada semester ganjil saja.  Sepanjang jam pelajaran pertahunnya terpenuhi maka tidak menjadi persoalan dan dapat dibenarkan.

Kelima, Sekolah juga diberikan keleluasaan untuk menerapakan model pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran serta membuat asesmen lintas mata pelajaran, misalnya berupa asesmen sumatif dalam bentuk proyek atau penilaian berbasis proyek.

Pada Kurikulum Paradigma Baru siswa SD paling sedikit dapat melakukan dua kali penilaian proyek dalam satu tahun pelajaran. Sedangkan siswa SMP, SMA/SMK setidaknya dapat melaksanakan tiga kali penilaian proyek dalam satu tahun pelajaran. Hal ini bertujuan sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Keenam, Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pada KTSP 2013 dihilangkan maka pada Kurikulum Paradigma Baru mata pelajaran ini akan dikembalikan dengan nama baru yaitu Informatika dan akan diajarkan mulai dari jenjang SMP.

Bagi sekolah yang belum memiliki sumber daya/guru Informatika maka tidak perlu khawatir untuk menerapkan mata pelajaran ini karena mata pelajaran ini tidak harus diajarkan oleh guru yang berlatar belakang TIK/Informatika, namun dapat diajarkan oleh guru umum.

Hal ini disebabkan karena pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mempersiapkan buku pembelajaran Informatika yang sangat mudah digunakan dan dipahami oleh pendidik dan peserta didik.

sumber : https://www.fajarpendidikan.co.id





- Adv -

Selasa, 11 Januari 2022

HAL-HAL YANG MENDASAR YANG WAJIB DIPAHAMI OLEH SEMUA GURU PAI DI ERA DIGITAL INI

PENTING BAGI SELURUH GURU PAI MENGUASAI DASAR-DASAR IT


HAL-HAL YANG MENDASAR YANG WAJIB DIPAHAMI OLEH SEMUA GURU PAI DI ERA DIGITAL INI DIANTARANYA :



1.  Memahami dan mampu mengoperasikan surat elektronik atau email. Penyedia layanan email cukup banyak seperti Gmail, Yahoo, Microsoft, dsb. Kemampuan mengoperasikan email meliputi bisa login, tidak lupa password, bisa cek email masuk, bisa mengirim atau membalas email, dsb. Namun demikian guru juga harus mampu mengatasi masalah bila lupa password email atau minta bantuan kepada teman.

2. Mampu membuka fitur2 email/gmail, bisa membuka drive dan bisa membuka dan memahami serta mengoperasikan fitur-fitur drive seperti  G-Form, Spreedsheet, G-Slide/Ppt., G-Sites, G-Classroom, G-Document, Akun Youtube, dll.

3. Aktif akun belajar.id & dapat memanfaatkan fitur-fiturnya.

4. Memahami dan mampu mengoperasikan dengan cerdas berbagai media sosial seperti Whatsapp, Telegram, Instagram, Facebook, Youtube, dll. Kecerdasan mendasar dalam bermedsos adalah mampu menyaring informasi yang diterima, menilai kebenaran informasi yang disampaikan untuk menghindari penyebaran berita bohong (hoaks) serta tidak mudah meneruskan atau memforward posting tanpa memahami isinya.

5. Memahami dan mampu mengoperasikan berbagai Learning Management System (LMS) seperti : AGPAII DIGITAL, Rumah Belajar, Google Workspace, Microsoft  Teams, moodle dll.

6. Mampu mengaktivasi & memvalidasi akun DAPODIK, EMIS, SIAGA, SIMPKB dan Komunitas, AGPAII DIGITAL, belajar.id. dan MySapkbkn (bagi PNS)

7. Melek dan update informasi yang dishare melalui kanal-kanal relevan dan resmi.

8. Mempelajari pengolahan data terkait materi PAI seperti aplikasi penghitung zakat, waris, dll.

Sedangkan untuk meningkatkan diri di bidang IT, guru PAI dapat menambah kemampuan membuat unsur-unsur pembelajaran PAI yang berbasis digital, diantaranya pembuatan media pembelajaran, metodologi pembelajaran, aplikasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dsb.
Kecenderungan lain generasi digital adalah gemar bermain game yang pasti digital. Oleh karena itu guru PAI harus menguasai pembuatan ujian bernuansa ngegame atau gamifikasi, seperti Quizziz, Kahoot, Wordwall, dll dan jangan lupa terhadap fitur evaluasi pada AGPAII Digital.
Peningkatan kompetensi tersebut dapat diperoleh melalui pelatihan, tutorial di youtube maupun bertanya kepada teman.
Rajin-rajinlah mengulik toko-toko aplikasi seperti PlayStore, AppStore, Google Store dan mengolahnya secara kreatif agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Selanjutnya produk-produk yang dibuat dapat dimuat di kanal youtube pribadinya. Disamping berbagi ilmu, secara ekonomis dapat menjadi sumber pasif income yang dapat menambah keesejahteraannya.
Selamat mendigital (*)

Selasa, 14 Desember 2021

Catatan Pinggir Kegiatan ToT PPKB PAI Kemenag RI Tahun 2021

 


Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) melaaksanakan Training of Trainer Pelatih Nasional dan Pelatih Provinsi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI tahun 2021 pada 08 s/d 15 Desember 2021 di Hotel Horison Bandung.

Kegiatan PPKB dilakukan melalui tahapan seleksi. Seleksi tahap pertama, dimana sebanyak 1.345 guru dan pengawas PAI dinyatakan lulus dalam pemberkasan portofolio. Di tahapan tahap seleksi kedua, 989 peserta dinyatakan lulus mengikuti tes berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Selanjutnya dilakukan seleksi tahap ketiga, yakni tes wawancara yang dilakukan secara dalam jaringan (daring), pada 30 dan 31 Oktober 2021.

“Alhamdulillah tepat tanggal 3 Desember diumumkan hasil dari 3 Tahapan seleksi yakni Portofolio, Tes CBT, dan Tes Wawancara. Yang menyatakan ada 437 Peserta yang lulus pada kegiatan Training of Trainer Calon Pelatih PKB GPAI Tahun 2021,”

Untuk Provinsi Gorontalo pada seleksi awal berjumlah  sembilan peserta yang memasukan dan mengikuti  proses pemasukan berkas Portofolio, Tes CBT dan Tes Wawancara, Alhamdulillah ada enam peserta yang dinyatakan lulus dari Provinsi Gorontalo,”

Adapun keenam peserta tersebut adalah Bambang Rianto (GPAI SDN 22 Dunginggi Kota Gorontalo), Solehan (GPAI SD Lab. UNG Gorontalo), Sutarjo Paputunga (GPAI SMPN 2 Gorontalo), Fadlun Saleh (GPAI SMA 1 Randangan), Rimawati Pulubuhu (GPAI SMKN 1 Limboto), dan Sri Utami Bay (Pengawas GPAI).

Pembukaan kegiatan dilakukan di Ballroom Hotel Horison Bandung. Kegiatan dihadiri oleh Direktur PAI, Rektor UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Direktur PAI Kemenag RI Amrullah dalam kegiatan itu mengatakan, seleksi ini merupakan langkah untuk mendapatkan kompetensi dan penguasaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), serta teknis pembelajaran yang efektif, interaktif, dan komunikatif.

Kegiatan pembukaan dimeriahkan oleh musical dari Fakultas Tarbiyah UIN Bandung berupa tampilan vokalia, motivasi bagi Guru PAI.

 

Bandung, 08 Desember 2021







Jumat, 10 Desember 2021

MODUL PEDAGOGIK 1 SD TOT PKB GPAI SD

Senin, 06 Desember 2021

SELAMAT DATANG KURIKULUM PARADIGMA BARU

 Kurikulum Paradigma Baru



Mulai tahun pelajaran 2021-2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah meluncurkan Kurikulum Paradigma Baru sebagai penyempurnaan dari KTSP 2013. Kurikulum Paradigma Baru ini akan diberlakukan secara terbatas dan bertahap melalui program sekolah penggerak dan pada akhirnya akan diterapkan pada setiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Sebelum diterapkan pada setiap satuan pendidikan, mari kita mengenal 7 (tujuh) hal baru yang ada dalam Kurikulum Paradigma Baru.


Pertama, struktur kurikulum, Profil Pelajar Pancasila (PPP) menjadi acuan dalam pengembangan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, atau Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Prinsip Pembelajaran, dan Asesmen Pembelajaran. Secara umum Struktur Kurikulum Paradigma Baru terdiri dari kegiatan intrakurikuler berupa pembelajaran tatap muka bersama guru dan kegiatan proyek. Selain itu, setiap sekolah juga diberikan keleluasaan untuk mengembangkan program kerja tambahan yang dapat mengembangkan kompetensi peserta didiknya dan program tersebut dapat disesuaikan dengan visi misi dan sumber daya yang tersedia di sekolah tersebut.


Kedua, hal yang menarik dari Kurikulum Paradigma Baru yaitu jika pada KTSP 2013 kita mengenal istilah KI dan KD yaitu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran, maka pada Kurikulum Paradigma Baru kita akan berkenalan dengan istilah baru yaitu Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan rangkaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh. Oleh karena itu, setiap asesmen pembelajaran yang akan dikembangkan oleh guru haruslah mengacu pada capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.


Ketiga, pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan tematik yang selama ini hanya dilakukan pada jenjang SD saja, pada kurikulum baru diperbolehkan untuk dilakukan pada jenjang pendidikan lainnya. Dengan demikian pada jenjang SD kelas IV, V, dan VI tidak harus menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran, atau dengan kata lain sekolah dapat menyelenggarakan pembelajaran berbasis mata pelajaran.


Keempat, jika dilihat dari jumlah jam pelajaran, Kurikulum Paradigma Baru tidak menetapkan jumlah jam pelajaran perminggu seperti yang selama ini berlaku pada KTSP 2013, akan tetapi jumlah jam pelajaran pada Kurikulum Paradigma Baru ditetapkan pertahun. Sehingga setiap sekolah memiliki kemudahan untuk mengatur pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Suatu mata pelajaran bisa saja tidak diajarkan pada semester ganjil namun akan diajarkan pada semester genap atau dapat juga sebaliknya, misalnya mata pelajaran IPA di kelas VIII hanya diajarkan pada semester ganjil saja.  Sepanjang jam pelajaran pertahunnya terpenuhi maka tidak menjadi persoalan dan dapat dibenarkan.


Kelima, Sekolah juga diberikan keleluasaan untuk menerapakan model pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran serta membuat asesmen lintas mata pelajaran, misalnya berupa asesmen sumatif dalam bentuk proyek atau penilaian berbasis proyek. Pada Kurikulum Paradigma Baru siswa SD paling sedikit dapat melakukan dua kali penilaian proyek dalam satu tahun pelajaran. Sedangkan siswa SMP, SMA/SMK setidaknya dapat melaksanakan tiga kali penilaian proyek dalam satu tahun pelajaran. Hal ini bertujuan sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila.


Keenam, untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pada KTSP 2013 dihilangkan maka pada Kurikulum Paradigma Baru mata pelajaran ini akan dikembalikan dengan nama baru yaitu Informatika dan akan diajarkan mulai dari jenjang SMP. Bagi sekolah yang belum memiliki sumber daya/guru Informatika maka tidak perlu khawatir untuk menerapkan mata pelajaran ini karena mata pelajaran ini tidak harus diajarkan oleh guru yang berlatarbelakang TIK/Informatika, namun dapat diajarkan oleh guru umum. Hal ini disebabkan karena pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mempersiapkan buku pembelajaran Informatika yang sangat mudah digunakan dan dipahami oleh pendidik dan peserta didik.


Ketujuh, untuk mata pelajaran IPA dan IPS pada jenjang Sekolah Dasar Kelas IV, V, dan VI yang selama ini berdiri sendiri, dalam Kurikulum Paradigma Baru kedua mata pelajaran ini akan diajarkan secara bersamaan dengan nama Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Hal ini bertujuan agar peserta didik lebih siap dalam mengikuti pembelajaran IPA dan IPS yang terpisah pada jenjang SMP. Sedangkan pada jenjang SMA peminatan atau penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa akan kembali dilaksanakan pada kelas XI dan XII.

 #kurikulumparadigmabaru2022

Sabtu, 06 November 2021

GALERY SLIDER EVENT


















Jumat, 29 Oktober 2021

MISKONSEPSI DALAM BELAJAR

Rabu, 13 Oktober 2021

Syarat Cara Download Windows 11 Gratis, Wajib Diketahui!

 


Sebagai pengguna laptop dan PC, pasti Anda ingin mengetahui cara download Windows 11 yang baru diluncurkan pada 5 Oktober 2021. Versi terbaru dari Windows memberikan banyak keunggulan dibandingkan sebelumnya.

Terakhir kali Microsoft meluncurkan Windows 10 sudah enam tahun yang lalu, sekarang terdapat versi paling anyarnya. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memperbarui Windows anyar karena bisa mengetahui pembahasan ini.

Windows terbaru 2021 yang bisa diunduh secara gratis membuat semua pengguna PC maupun laptop berkesempatan mendapatkan versi anyar. Perubahan seperti menu berada di tengah, desain, hingga fitur terbaru dapat dinikmati.

Sebelum mengunduhnya, Anda harus tahu perangkat yang bisa memenuhi syarat mendapatkan Windows terbaru. Di bawah ini adalah syarat yang harus dipenuhi perangkat laptop atau PC jika ingin mengunduh Windows 11.

Syarat Lengkap Cara Download Windows 11 Dipenuhi Perangkat

Anda harus mengetahui apakah PC atau laptop mampu menjalankan Windows 11 atau tidak. Agar cepat menentukan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Windows PC Health Check dengan mengikuti panduan berikut.

Pertama, lakukan download aplikasi Windows PC Health Check menggunakan link https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp untuk mengetahui pemenuhan terhadap kriteria. Lakukan proses instalasi secara langsung dengan memenuhi persetujuan yang diberikan di apk.

Setelah proses installasi aplikasi checker health tadi, cara download Windows 11 harus mengetuk tombol “Finish”. Pada saat ikon “Finish” dipencet, maka aplikasi Windows PC Health Check akan langsung terbuka otomatis.

Pada aplikasi tersebut, laptop maupun PC yang Anda miliki akan dikenali secara akurat, kemudian tekanlah tombol “Check Now”. Pengecekan akan langsung dilakukan dengan proses yang bisa ditunggu dalam waktu singkat.

Agar bisa menjalankan Windows terbaru 2021, syarat harus dipenuhi perangkat setelah pemindaian perangkat dilakukan oleh aplikasi pengecek tadi. Selesai pengecekan, ditunjukkan hasil dari perangkat Anda apakah memenuhi kriteria atau tidak.

Terdapat notifikasi “This PC Can Run Windows 11” untuk pengguna yang bisa mengunduh Windows terbaru. Sedangkan notifikasi “This PC Can’t Run Windows 11” berarti komputer tidak dapat mengunduh pembaruan.

Apabila laptop maupun PC yang dimiliki memenuhi persyaratan dengan tanda notifikasi muncul bisa memperbarui, pastikan langsung mengunduh. Inilah cara download Windows 11 secara mudah yang didapatkan pengguna dengan gratis.



8 Keuntungan Menggunakan Windows 11

 


Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yakni Windows 11. Windows 11 ini baru diumukan bulan juni 2021 yang pasti banyak memiliki keuntungan menggunakan windows 11 ini.. Windows 11 adalah versi terbaru penerus dari versi sebelumnya yakni Windows 10. Pada versi sebelumnya, Microsoft telah menikmati kesuksesannya di mana Windows 10 sudah banyak diinstal diseluruh penjuru.


Adapun Kelebihan dari windows 11 ini adalah :


1.     Tampilan Desain Windows 11 baru

Tampilan pada Windows 11 ini lebih fresh, dibandingkan versi sebelumnya. Tombol Start Menu juga secara default (bawaan) sekarang berada di sisi tengah. Untuk Desain ikonny transparan , lebih halus dan terlihat lebih modern dan  minimalis dan juga terdapat banyak fitur untuk memudhkan pengoperasian. Untuk keterangan jam dan tanggal serta jaringan masih berada di sebelah kanan.

2.    Tampilan Menu Setting di Windows 11 lebih sederhana

Tampilan Menu lebih sederhana ringkas, elegan, praktis dan mudah digunakan. Menu-menu setting berjajar rapi sebelah kiri dan kanan. Sehingga memudahkan user atau pengguna, lebih cepat mengakses fitur atau menu yang ingin digunakan.


3. Terdapat Fitur Snap Layouts di Windows 11


Fitur ini, membantu pengguna dalam mengatur beberapa jendela ketika sedang multi-tasking, atau melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan yang membuat kenyamanan para penggunanya dengan menghadirkan Snap Layout. Menngatur tata letak jendela Sehingga tidak perlu lagi, mengatur banyak jendela secara manual, karena sudah dibikin otomatis oleh team dari developer Microsoft.


4. Terdapat Fitur Auto HDR Mode


Fitur Auto HDR Mode di Windows 11, sangat bagus untuk gamer yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan. Tampilan di dalam game akan lebih realistis,elagan dan enak dipandang mata.


5. Fitur Direct Storage di Windows 11


Fitur Direct Storage berguna untuk memaksimalkan kecepatan dari SSD NVMe, untuk mempercepat loading game, dan juga meningkatkan frame rate / FPS di dalam game.
Benefit dari teknologi ini pastinya sangat membantu sekali bagi gamer, yang memainkan game PC/Laptop.


6. Peningkatan Keamanan


Seperti yang kita tahu, pada spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11, mensyaratkan salah satu fitur yang harus ada di PC/Laptop kalian yaitu TPM 2.0.
Dengan ada syarat fitur tersebut, pastinya akan membuat PC/Laptop kita menjadi lebih aman lagi, dan mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan malware atau peretas.


7.  Terintegrasi dengan Teams


Windows 11 ini  akan terintegrasi dengan Teams, alat konferensi video dan perpesanan milik Microsoft. Pengguna akan lebih  mudah untuk mengakses Teams pada Microsoft. Teams merupakan aplikasi lintas platform yang bisa diakses pada Android atau iOS serta Windows

 

8. Bisa menjalankan aplikasi Android


Pengguna dapat menjalankan aplikasi Android di Windows tanpa harus menggunakan bantuan emulator. Berbagai aplikasi Android dapat ditemukan pada Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store.Setelah diunduh aplikasi bisa disematkan ke taskbar untuk kemudian disandingkan dengan aplikasi lain.









Minggu, 10 Oktober 2021

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)